Tahun Ini, Xiaomi Redmi Note 4 Laku 5 Juta Unit

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 13 Aug 2017 09:30 WIB
xiaomi
Tahun Ini, Xiaomi Redmi Note 4 Laku 5 Juta Unit
Xiaomi berhasil menjual sebanyak lima juta unit Redmi Note 4 selama tahun 2017.

Metrotvnews.com: India menjadi pasar smartphone terbesar kedua di dunia, melengserkan Amerika Serikat yang menduduki posisi ini pada tahun lalu. Namun, sebagian besar manufaktur perangkat besar tidak menyambut baik hal ini, akibat keterlibatan ekonomi.

Menurut data tahun 2013 yang dikutip Phone Arena, pendapatan per kapita India sebesar USD1,750 (Rp23,3 juta menempatkannya di posisi 112 dari 164 dari daftar yang dirilis oleh World Bank. Hal tersebut mengindikasikan sebagian besar konsumen memiliki daya beli di kelas menengah, dan sejumlah kecil dengan daya beli perangkat high-end.

Namun lingkungan tersebut dinilai sesuai untuk produsen perangkat seperti Xiaomi, yang mengungkap telah menjual sebanyak lima juta unit Redmi Note 4 di India sepanjang tahun 2017. Smartphone ini diluncurkan pada Januari lalu, dan menjadi perangkat dengan pendistribusian tertinggi di India, dan dengan pangsa pasar sebesar 7,2 persen.

Untuk spesifikasi, Redmi Note 5 berbekal layar LCD 5,5 inci beresolusi FHD 1080 x 1920 piksel. Ponsel cerdas ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625, dikombinasikan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Kombinasi prosesor dan baterai 4.100 mAh juga diklaim mampu menjaga daya tahan perangkat dengan waktu lebih panjang.

Xiaomi mengandalkan penjualan melalui program flash sale dalam kurun waktu mingguan untuk mendorong penjualan Redmi Note 4, dan bukan melalui kampanye penjualan ritel. Kesuksesan Xiaomi turut menggelitik Apple untuk menjadikan India sebagai salah satu pasar yang dicakupnya, namun harga yang ditawarkannya untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dinilai masih terlalu mahal untuk pasar India.

Karenanya Apple mulai mengukuhkan keberadaannya di India melalui model retro berlayar 4 inci dengan harga lebih terjangkau, yaitu iPhone SE. Generasi kedua iPhone SE diperkirakan akan diluncurkan di India pada kuartal pertama tahun 2018.

Untuk merayakan keberhasilannya menjual lima juta unit Redmi Note 4, Xiaomi menghadirkan program balas budi dengan memberikan makanan kepada lima juta penduduk di India dan Pakistan. 


(MMI)

Video /