Rangkul Generasi Muda, Medcom.id Usung Format Kekinian

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 18 Oct 2018 15:49 WIB
teknologi
Rangkul Generasi Muda, Medcom.id Usung Format Kekinian
Demi rangkul milenial, Medcom.id siapkan format kekinian untuk menyampaikan informasi.

Jakarta: Kehadiran kanal khusus pemilu di Medcom.id turut menandai komitmen  dari Media Group untuk menyampaikan informasi dengan cara lebih mudah dan dekat dengan generasi muda atau milenial, yang kini mendominasi demografis penduduk Indonesia.

Mengingat dominasi milenial yang kini identik dengan teknologi dan media sosial, pendistribusian informasi terutama menyoal pemilu juga dihadirkan dalam format video atau vlog, serta infografis di media sosial. Penyampaian ini dinilai lebih mampu menarik perhatian pembaca generasi muda.

"Kami memanfaatkan hampir seluruh platform untuk menyampaikan informasi. Kami juga menghadirkan program baru untuk generasi muda bertajuk KePo atau Kenal Politik, berisi pesan terkait politik yang disampaikan dengan gaya khas milenial," ujar Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Kohar.

Program ini ditujukan untuk memperkenalkan tokoh baru di ranah politik yang dinilai sesuai dengan generasi mudah serta gagasan baru terkait politik.

Kehadiran program ini dilatarbelakangi oleh pergeseran demografi Medcom.id yang disebut kini didominasi pembaca di rentang usia generasi Z dan milenial, sebesar 70 hingga 80 persen.

Abdul Kohar menyebut, generasi milenial turut mendorong media untuk lebih kreatif dalam menarik minat baca masyarakat, salah satunya dengan mengusung judul yang menggelitik atau lebih dikenal dengan sebutan clickbait.

Namun, media sebagai sumber informasi yang dituntut akurat dan tidak menyampaikan berita bohong, judul yang diusung dalam berita tidak boleh semata-mata clickbait. Judul perlu menarik, tanpa tidak menyimpang dari isi berita, sehingga tidak akan menimbulkan bias atau salah persepsi.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.