Nokia X akan Kembali, Dijadwalkan Meluncur 27 April

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 16 Apr 2018 07:11 WIB
nokia
Nokia X akan Kembali, Dijadwalkan Meluncur 27 April
Nokia dilaporkan akan kembali akan meluncurkan Nokia X generasi baru pada 27 April mendatang.

Jakarta: HMD Global, pemilik lisensi merek Nokia, berencana meluncurkan Nokia X baru pada 27 April mendatang.

Laporan terbaru yang beredar di internet mengklaim bahwa sejumlah orang menemukan penimbunan digital di mall di Tiongkok, melibatkan smartphone yang belum diumumkan.

Iklan menampilkan dua ponsel yang tampil dengan posisi menyilang membentuk huruf serupa 'X'. Hal ini dinilai sebagai kejutan besar, sebab HMD Global baru-baru ini meluncurkan Nokia 1, Nokia (2018), Nokia 7 (Plus), Nokia 8 Sirocco, dan Nokia 8110 4G pada ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada bulan Februari lalu.

Hingga saat ini, belum tersedia laporan terkait undangan media, petunjuk dari akun media sosial HMD Global, ataupun penyebutan NokiaX pada ajang HMD Global yang baru-baru ini digelar di Delhi. Selain itu, juga belum terdapat informasi terkait fitur yang akan mendukung perangkat tersebut.

Namun berdasarkan bocoran iklan, Nokia X disebut akan berbekal layar berlekuk 2,5D dan hadir dengan bodi berbalut bahan metal.

Meskipun demikian, belum dapat dipastikan terkait segmen konsumen yang disasar Nokia X, high-end atau mid-end. Sebagai pengingat, Nokia X generasi awal diluncurkan pada ajang MWC 2014 lalu di Barcelona.

Nokia X menjadi smartphone bermerek Nokia pertama yang menggunakan sistem operasi mobile Google Android.

Perangkat ini menargetkan segmen entry-level dan menggunakan platform Nokia X, versi ubahan dari sistem operasi Android. Selain itu, perangkat ini tidak dibekali dengan integrasi Google Play Store.

Ketidakhadiran Google Play Store ini disambut secara negatif oleh pasar, dan dinilai menjadi penyebab kegagalan yang dialami oleh Nokia X generasi awal, baik secara komersial maupun secara kritikal.

Sebelumnya, informasi yang beredar menyebut bahwa HMD berencana menghadirkan versi baru dari Nokia 2010, yang akan diumumkan pada tahun 2019 mendatang untuk menandai ulang tahun model tersebut ke-25.


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.