Berkat Teknologi Pengenalan Wajah, Buron Tertangkap di Konser

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 13 Apr 2018 12:06 WIB
teknologi
Berkat Teknologi Pengenalan Wajah, Buron Tertangkap di Konser
Kacamata dengan fitur pengenalan wajah. (AFP Photo / FOCUS by Joanna Chiu)

Jakarta: Seorang pria asal Tiongkok yang menjadi buron karena "kejahatan ekonomi" ditangkap dalam konser musik di Tiongkok setelah teknologi pengenalan wajah mengenalinya di tempat konser. 

Pria itu menghadiri konser penyanyi asal Hong Kong, Jacky Cheung di Nanchang, provinsi Jiangxi ketika kamera keamanan mengenalinya. Menurut laporan South China Morning Post, pria ini -- yang hanya diidentifikasi dari nama keluarganya, Ao -- sangat terkejut ketika polisi mendekatinya. 

Ao telah berkendara 90 km dengan istrinya untuk datang ke konser tersebut. Dia mengaku merasa aman di kerumunan, yang diperkirakan mencapai lebih dari 50 ribu orang. Dia tidak akan pernah pergi ke konser jika tahu bahwa wajahnya akan dikenali. 

"Ao diduga terlibat dalam kejahatan ekonomi dan masuk dalam daftar sistem nasional online," kata polisi Li Jin. "Dia sangat kaget dengan ekspresi kosong ketika kami menangkapnya."

Ini bukanlah kali pertama teknologi pengenalan wajah Tiongkok membantu polisi menangkap buronan dalam kerumunan orang. Tahun lalu, 25 buronan ditangkap dalam festival bir ketika kamera pada pintu depan menandai wajah para tersangka.

Polisi di Zhengshou juga tengah menguji kacamata dengan fitur pengenalan wajah di beberapa stasiun kereta. Mereka menyebutkan, perangkat itu sangat membantu mereka dalam menangkap tujuh tersangka dalam berbagai kasus besar dan juga 26 orang yang menggunakan identitas palsu untuk berpergian. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.