Apple Rilis iOS 11.4.1, Tambahkan Fitur Keamanan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 10 Jul 2018 09:28 WIB
appleios
Apple Rilis iOS 11.4.1, Tambahkan Fitur Keamanan
Apple baru saja merilis iOS 11.4.1.

Jakarta: Apple baru saja merilis iOS 11.4.1. Memang, sebagian besar pengguna iOS telah tidak sabar menunggu berbagai fitur baru yang akan dirilis pada iOS 12. Namun, update terbaru ini mengandung fitur keamanan penting yaitu USB Restricted Mode.

FItur itu berfungsi untuk melindungi iPhone dari USB yang digunakan oleh polisi atau pihak ketiga lain untuk menembus passcode pada iPhone dan menghindari perlindungan enkripsi dari Apple, lapor The Verge.

Fitur ini ada pada menu Settings di bawah opsi Face ID (atau Touch ID) & passcode. Di sini, Anda akan melihat opsi baru: USB Accessories. Secara default, opsi itu berada dalam keadaan nonaktif.

Itu artinya, ketika iPhone atau iPad Anda telah dikunci selama lebih dari satu jam, iOS tidak akan mengizinkan USB untuk terhubung ke perangkat.

Jika Anda ingin menghubungkan USB ke perangkat Anda bahkan setelah iPhone Anda terkunci beberapa waktu, Anda bisa mengaktifkan opsi USB Accessories.

Keputusan Apple untuk menambahkan USB Restricted Mode memang meningkatkan keamanan data pengguna. Namun, hal ini bisa membuat mereka dibenci oleh kepolisian atau badan lain yang ingin mendapatkan informasi yang tersimpan dalam iPhone yang menjadi barang bukti.

"Kami terus menerus memperkuat perlindungan keamanan di setiap produk Apple untuk membantu pelanggan melindungi diri dari hacker, pencuri identitas dan ancaman ke data pribadi mereka," kata Apple dalam pernyataan resmi.

"Kami menghormati kepolisian dan kami tidak mendesain fitur keamanan baru kami untuk membuat mereka merasa frustasi."

Apple sempat beradu dengan FBI pada 2016 ketika mereka menolak untuk membuka kunci dari iPhone dalam kasus penembakan di San Bernardino.

Ketika itu, Apple menolak untuk membuat software khusus yang memungkinkan FBI untuk melewati fitur keamanan pada iPhone yang didesain untuk melindungi data yang terenkripsi di semua perangkat iOS.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.