iPhone 8 dan 8 Plus Lebih Laku dari iPhone X

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 25 Apr 2018 07:58 WIB
appleiphoneiphone x
iPhone 8 dan 8 Plus Lebih Laku dari iPhone X
Apple iPhone X. (AFP PHOTO / SAEED KHAN)

Jakarta: Ketertarikan masyarakat akan iPhone X mungkin mulai menurun. Lebih banyak orang yang membeli iPhone 8 dan iPhone 8 Plus daripada iPhone X pada awal 2018, menurut laporan terbaru dari grup riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP). 

CIRP melakukan survei pada 500 orang di Amerika Serikat yang membeli iPhone, iPad atau Mac tahun ini pada periode antara Januari dan Maret.

Survei itu menunjukkan bahwa 23 persen iPhone yang dibeli adalah iPhone 8 dan 21 persen yang dibeli adalah iPhone 8 Plus. Sementara itu, kontribusi iPhone X menurun dari 20 persen pada kuartal lalu menjadi 16 persen. 

Survei CIRP menunjukkan bahwa penjualan iPhone X telah menurun sejak kuartal lalu, sementara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus justru naik.

Seperti yang disebutkan CNET, mengingat responden survei ini hanya 500 orang, maka temuan tersebut tidak bisa sepenuhnya menggambarkan keadaan pasar. 

Sejak iPhone 6 diluncurkan pada 2014, Apple tidak banyak mengubah desain iPhone, kecuali iPhone X, yang memiliki desain sama sekali berbeda. Namun, ponsel itu juga memiliki harga yang lebih mahal dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Memang, iPhone X memiliki beberapa fitur khusus, seperti Face ID, desain bezel tipis, layar OLED, pengisian baterai nirkabel dan juga Animoji. 

Penjualan iPhone X yang menurun menunjukkan bahwa konsumen tidak tertarik dengan fitur premium pada ponsel tersebut atau harga iPhone X dianggap terlalu mahal.

Pada 1 Februari, CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa iPhone X terjual paling banyak setiap minggu sejak ia diluncurkan pada bulan November. Namun, dia membahas penjualan secara global, sementara survei CIRP hanya memperhitungkan penjualan di AS. 


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.