Pengguna Instagram Nantinya Bisa Beli Barang Langsung di Aplikasi

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 04 May 2018 10:28 WIB
instagram
Pengguna Instagram Nantinya Bisa Beli Barang Langsung di Aplikasi
Instagram mulai menggulirkan kemampuan melakukan pembelian secara langsung via aplikasinya.

Jakarta: Di tengah pertarungannya dengan Snapchat, Instagram kini tengah berupaya menjadi pemain lebih besar di industri perdagangan.

Instagram kini mulai menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian secara langsung pada aplikasinya.

Fitur ini akan meminta pengguna untuk mendaftarkan kartu debit atau kredit pada profil, menambahkan pin keamanan sehingga dapat mulai melakukan pembelian pada aplikasi Instagram.

Instagram telah mengonfirmasikan kehadiran fitur ini, menyebut saat ini fitur tersebut didukung oleh banyak mitra.

Aplikasi pemesanan lokasi makan malam bernama Resy menjadi salah satu mitra awal untuk fitur ini. Dengan fitur ini, pengguna dapat memesan tempat melalui halaman profil mitra Resy dan membayarkan pemesanan tersebut secara langsung dalam aplikasi Instagram.

Selain Resy yang menjadi contoh awal penggunaan fitur pembayaran ini, Instagram juga menyebut pengguna akan dapat melakukan pembayaran secara langsung untuk berbagai hal seperti membeli tiket film di bioskop.

Saat ini, masih belum tersedia informasi terkait dengan rencana Instagram menyoal pembayaran peer-to-peer dalam aplikasinya.

Fitur pembayaran tersebut merupakan fitur milik pesaing terbesar Instagram, yaitu Snapchat, yang telah ditawarkannya kepada sejumlah pengguna. TechCrunch juga mencatat bahwa antarmuka pengaturan fitur pembayaran yang didukung oleh peraturan Facebook Payments ini telah dapat dicoba oleh sejumlah pengguna di Amerika Serikat dan Inggris.

Penggunaan media sosial sebagai medium penyebaran tren terbaru di berbagai area seperti fesyen, desain, dan lainnya, menjadi alasan pendorong Instagram memasuki pasar perdagangan.

Menambahkan kemampuan bagi perusahaan untuk menjual produk secara langsung via Instagram akan menguntungkan baik bagi Instagram maupun mitra bisnis.

Sebelumnya pada ajang pengembang tahunan Facebook, F8, Instagram mengumumkan sejumlah perubahan pada aplikasinya. Perubahan tersebut termasuk dukungan aplikasi lain seperti Spotify dan GoPro pada fitur Stories, kemampuan untuk merancang efek kamera, video chat dan tab Explore berdesain baru.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.