Xiaomi Pocophone F1 Bakal Muncul di Eropa?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 24 Jul 2018 17:42 WIB
xiaomi
Xiaomi Pocophone F1 Bakal Muncul di Eropa?
Logo Xiaomi.

Jakarta: Beberapa minggu lalu Medcom.id memberitakan salah satu smartphone misterius Xiaomi dengan nama Pocophone F1 telah mendapatkan sertifikasi dari badan regulasi telekomunikasi FCC Amerika Serikat, bahkan Indonesia.

Kini kembali beredar informasi bahwa smartphone tersebut segera beredar di Eropa. Kabar ini dikutip dari Android Authority, berbasis cuitan salah satu sosok leakster ternama Roland Quandt mengenai Xiaomi Pocophone F1.

Dalam cuitan Roland Quandt, disebutkan bahwa smartphone ini akan dijual di Eropa dengan harga yang tergolong murah, yakni Euro 420 atau Rp7,1 juta untuk kapasitas RAM 6GB dan memori internal 64GB serta Euro 460 atau Rp7,8 juta untuk RAM 6GB dan memori internal 128GB.
 
Selain itu dia menyebutkan bahwa kemungkinan smartphone ini akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dan ukuran layar 5,9 inci.

Apabila harga dan spesifikasi tersebut benar, menurut Roland Quandt Xiaomi Pocophone F1 akan menjadi smartphone premium dengan harga cukup murah.

Permasalahannya adalah sejauh ini belum ada informasi mengenai spesifikasi smartphone Xiaomi Pocophone F1. Namun, beberapa waktu lalu sempat beredar video yang menampilkan sebuah smartphone dengan kode Berrylium yang diklaim sebagai Xiaomi Pocophone F1.



Adopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 845 bukan pertama kali oleh Xiaomi. Mi 8 menjadi smartphone premium sekaligus flagship Xiaomi yang juga menggunakan prosesor tersebut.

Di Indonesia sendiri sertifikasi smartphone Xiaomi Pocophone dengan kode yang sama seperti di badan FCC Amerika Serikat juga sudah ditemukan, namun pihak Xiaomi Indonesia mengaku belum mengetahui hal tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.