Sony Punya Sensor Kamera Ponsel Baru, IMX586

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 24 Jul 2018 12:20 WIB
sony
Sony Punya Sensor Kamera Ponsel Baru, IMX586
Ilustrasi.

Jakarta: Sony mengumumkan bahwa mereka sedang mendesain sensor kamera dengan resolusi paling tinggi yang pernah ada. Sensor IMX586 ini menjanjikan kualitas hasil foto yang jauh lebih baik dengan 48MP efektif.

Sony menyebutkan, sensor ini akan memungkinkan ponsel untuk mengambil foto dengan resolusi 8000 x 6000 pixel dan memberikan foto high-definition bahkan ketika kamera melakukan zoom ini, lapor CNET

Semakin besar megapixel sebuah kamera tidak menjamin hasil gambar menjadi semakin baik. Terkadang, ukuran pixel yang lebih kecil justru menyebabkan noise atau derau ketika mengambil foto dalam keadaan kurang cahaya. 

Sony akan menggunakan pixel 0,8 mikron untuk sensor barunya, yang merupakan pixel terkecil saat ini. Namun, Sony berkata bahwa mereka akan mengurangi derau dengan menggunakan quad Bayer color filter array, memungkinkan masing-masing pixel untuk menggunakan sinyal dari empat pixel yang bersebrangan dengannya.

Ini akan meningkatkan tingkat sensitivitas cahaya pada pixel menjadi setara dengan gambar yang diambil oleh kamera dengan resolusi 12MP dan ukuran pixel 1,6 mikron. 



Perbandingan antara foto yang diambil dari kamera ponsel dengan 12MP efektif pada sebelah kiri dan foto yang diambil dengan kamera dengan sensor IMX586. 

"Teknologi kendali exposure asli dari Sony dan fungsi pemprosesan sinyal dibangun langsung pada sensor ini, memungkinkan hasil secara real-time dan dynamic range yang empat kali lebih baik dari produk tradisional," kata Sony.

Perusahaan asal Jepang itu berencana menjual sensor ini pada September dengan harga JPY3.000 (Rp392 ribu). Sebelum ini, teknik pixel-binning telah digunakan pada kamera dengan resolusi 40MP seperti pada Nokia 808 PureView dan Huawei P20 Pro.

Meskipun begitu, kemungkinan, sensor IMX586 Sony akan digunakan lebih banyak perusahaan karena mereka berhasil meminimalisir ukuran sensor. Secara diagonal, sensor ini memiliki panjang 8 milimter. Itu berarti, kamera pada ponsel tidak akan menjadi terlalu menonjol. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.