Facebook Ingin Integrasikan Perbankan ke Messenger

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 07 Aug 2018 13:20 WIB
media sosialfacebook
Facebook Ingin Integrasikan Perbankan ke Messenger
Facebook ingin memasukkan layanan keuangan di Messenger.

Jakarta: Facebook ingin memasukkan informasi perbankan pengguna ke Messenger. Mereka telah berdiskusi dengan perusahaan seperti JPMorgan Chase, Wells Fargo, Citigroup dan US Bancorp selama satu tahun belakangan.

Orang-orang yang tahu tentang diskusi ini menyebutkan bahwa Facebook berusaha mendapatkan informasi terkait transaksi kartu dan memeriksa saldo rekening pengguna.

Mereka juga menawarkan untuk membuat fitur yang memungkinkan pengguna mengakes informasi saldo rekening dan mendapatkan peringatan penipuan melalui Messenger, lapor Engadget.

Facebook mengambil keputusan ini untuk mendorong tingkat keaktifan pengguna sementara bank berusaha untuk menjangkau lebih banyak orang melalui kanal digital.

Facebook mengatakan, meski mereka tertarik untuk bekerja sama dengan bank untuk menyediakan customer service via Messenger, mereka tidak tertarik untuk masuk ke bisnis perbankan.

Meskipun begitu, saat ini, reputasi Facebook belum pulih akibat skandal Cambridge Analytica, yang menyebabkan banyak orang mempertanyakan cara Facebook melindungi data penggunanya.

Setidaknya satu bank besar di Amerika Serikat menolak untuk berdiskusi lebih lanjut dengan Facebook karena khawatir media sosial itu akan gagal menjaga privasi penggunanya.

"Sama seperti perusahaan online lainnya, kami secara rutin berdiskusi dengan institusi keuangan tentang bagaimana cara untuk memperbaiki pengalaman berbelanja pengguna, misalnya dengan memberikan customer service yang lebih baik," kata juru bicara Facebook, Elisabeth Diana.

"Salah satu hal penting dari usaha ini adalah memastikan informasi pengguna aman."

Google dan Amazon juga dikabarkan tengah berusaha mengintegrasikan layanan perbankan ke asisten virtual mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.