Universal Robot Perkenalkan Robot Kolaboratif Anyar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 16 Jul 2018 15:03 WIB
robot
Universal Robot Perkenalkan Robot Kolaboratif Anyar
Ilustrasi.

Jakarta: Universal Robots memperkenalkan robot kolaboratif (cobot) terbarunya, yaitu e-Series. Keberadaan robot flagship ini diumumkan tidak lama setelah Co-founder Universal Robots, Esben Østergaard mendapatkan penghargaan Engleberger Award 2018.


Universal Robots, yang memang dikenal dengan berbagai cobot buatannya, menyebutkan bahwa cobot barunya ini akan dapat menghemat biaya lebih besar. Tidak hanya itu, robot tersebut juga bisa diterapkan di bidang yang lebih luas.

Alasannya karena cobot ini diklaim memiliki tingkat ketelitian dan sensitivitas yang lebih tinggi berkat sensor Force/Torsi yang ada di dalamya.

Perusahaan asal Denmark ini membanggakan bahwa cobot e-Series barunya memiliki kemudahan pengguna sama seperti robot buatan mereka yang lain.

Mereka mengklaim, waktu yang diperlukan untuk membongkar cobot dari kemasan, memasang dan memprogram tugas pertama hanya diperlukan satu jam. Sementara dalam perawatan, seluruh sambungan (wrist-join) bisa diganti dalam waktu 2-6 menit.



Cobot baru Universal Robot ini memiliki 17 fungsi keamanan. Salah satunya adalah fungsi yang memungkinkan pengguna mengatur waktu dan jarak berhenti.

Ini ditujukan untuk membuat kolaborasi menjadi lebih mudah. Cobot e-Series juga telah mendapatkan seritifikasi dari TÜV Nord, organisasi asal Jerman yang bertugas untuk memvalidasi keamanan produk dan layanan.

“Huruf ‘e’ dalam e-Series mewakili visi dan filosofi produk kami, untuk memberdayakan manusia dan memudahkan kerja mereka,”  kata Jürgen von Hollen, President of Universal Robots. 



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.