Sah, Alibaba Kuasai Saham Lazada

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 12 Apr 2016 14:37 WIB
lazada
Sah, Alibaba Kuasai Saham Lazada
Alibaba akuisisi Lazada dengan nilai investasi hingga USD1 miliar (AP Photo/Mark Lennihan)

Metrotvnews.com: Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Lazada.

Dalam akuisisi ini, Alibaba mengucurkan investasi hingga USD500 juta dan membeli saham Lazada dari beberapa pemegang saham sebelumnya. Total nilai akuisisi ini dikatakan mencapai USD1 miliar.

Saat ini Lazada merupakan perusahaan e-commerce yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Menurut BusinessWire, keenam negara tersebut memiliki jumlah populasi yang sangat besar, yaitu hingga 560 juta dengan jumlah pengguna internet hingga 200 juta. Potensi e-commerce di pasar Asia Tenggara juga tergolong tinggi karena pangsa pasar e-commerce masih berada di angka 3 persen. Angka tersebut juga diprediksi akan semakin tumbuh ke depannya mengingat penetrasi internet semakin luas.

"Globalisasi merupakan strategi utama agar Alibaba terus tumbuh ke depannya," ujar President of Alibaba, Michael Evans. "Investasi Alibaba kepada Lazada kali ini akan membuat kami dapat tumbuh di pasar Asia Tenggara yang merupakan salah satu pasar terbesar di luar Tiongkok."

Sementara itu, CEO Lazada, Max Bittner mengatakan bahwa ia menyambut baik investasi ini. Menurutnya, Asia Tenggara merupakan pasar yang sangat didominasi oleh konsumen berbasiskan perangkat mobile dan memiliki tantangan tersendiri dalam menembusnya.

Alibaba juga dikabarkan akan segera mengadakan pertemuan dengan para pemegang saham Lazada. Hal tersebut membuktikan bahwa Alibaba kini memiliki hak beli atas saham Lazada, sama seperti para pemegang saham lainnya.


(MMI)

Video /