Flash Drive Kingston Terbaru Punya Enkripsi

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 12 Oct 2016 10:33 WIB
kingston
Flash Drive Kingston Terbaru Punya Enkripsi
USB Flash drive Kingston IronKey D300

Metrotvnews.com: Produsen memori Kingston baru saja merilis USB drive baru yang dilengkapi dengan teknologi enkripsi.

USB drive bernama IronKey D300 ini dikatakan telah dilengkapi dengan sistem enkripsi tingkat tinggi yang memungkinkan pengguna untuk melindungi berbagai data sensitif di dalamnya. Kali ini, tampaknya Kingston menyasar para pengguna yang membutuhkan media transfer data aman untuk dokumen dan data digital bersifat rahasia atau sensitif.

IronKey D300 memiliki sertifikasi FIPS 140-2 Level 3, dengan enkripsi hardware 256-bit AES dalam mode XTS. Bodi luar USB drive ini terbuat dari rangka zinc atau seng dan tahan air hingga kedalaman 1,2 meter. Sementara bagian dalam bodinya dibungkus dalam sebuah tamper-evident epoxy seal untuk keamanan fisik.  

IronKey D300 memiliki firmware yang ditandai secara digital, membuatnya kebal terhadap berbagai malware seperti BadUSB. Enkripsi juga dilakukan langsung di dalam hardware dan tidak meninggalkan jejak apapun pada PC yang menjadi host. Jika terjadi kesalahan saat memasukkan kata kunci sebanyak 10 kali, data di dalam USB akan dihapus untuk melindungi kerahasiaannya.

"Kami menciptakan IronKey D300 sebagai USB Flash drive yang bisa dipercaya di kalangan industri, serta memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan dapat diandalkan selama bertahun-tahun," ujar Nathan Su, Direktur Penjualan Memori Flash Kingston, wilayah Asia Pasifik.

Untuk penggunaan yang fleksibel, IronKey D300 juga hadir bersama dengan IronKey EMS, yaitu sebuah perangkat yang dapat digunakan sebagai sarana manajemen enkripsi pada IronKey D300. IronKey EMS yang dibuat bersama dengan DataLocker memungkinkan manajemen drive terpusat untuk akses dan penggunaan ribuan drive. Manajemen drive juga bisa dilakukan secara fleksibel karena bisa dilakukan melalui cloud.

USB Flash drive IronKey D300 hadir dengan interface USB 3.0 dan tersedia dalam beragam pilihan penyimpanan mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB dan 128GB.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.