Google Hadirkan Opsi Percepat Playback di YouTube

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 11 Sep 2017 11:19 WIB
youtubegoogle
Google Hadirkan Opsi Percepat Playback di YouTube
Google meluncurkan fitur baru memungkinkan pengguna mempercepat atau memperlambat kecepatan playback video di aplikasi iOS dan Android.

Metrotvnews.com: Setelah Google selesai meluncurkan fitur baru, pengguna YouTube dapat mempercepat atau memperlambat video pada aplikasi iOS dan Android. Menurut pengembang, kecepatan playback dapat disesuaikan dari 0.25 kali hingga 2 kali via menu pengendali di layar.

Phone Arena melaporkan, penjelasan teknis terkait cara pengembang berhasil menyematkan fitur baru tersebut dan meghadirkannya pada perangkat mobile. Google menjelaskan, untuk mempercepat atau memperlambat video, pengembang merender frame video dalam susunan dengan memodifikasi jejak waktu audio.

Frame video, lanjut Google, bukan merupakan bagian yang perlu encode, sehingga agar video tetap sesuai dengan playback audio, decoder video harus bekerja lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan bagian frame yang perlu dimuat.

Selain itu, variabel kecepatan baru pada opsi playback akan berfungsi pada berbagai perangkai iOS dan smartphone pengguna sistem operasi Android 5.0 Lollipop dan seterusnya. YouTube juga menggulirkan pembaruan untuk aplikasi pada perangkat Android, menghadirkan fitur HDR dan memanfaatkan kemampuan teknologi tersebut pada layar perangkat mobile.

Untuk memanfaatkan fitur ini dengan memilih versi HDR pada setting resolusi yang dapat diakses melalui tombol menu tiga titik. Sebelumnya, YouTube mengumumkan sejumlah fitur baru dan perubahan yang digulirkannya pada fungsi livestream, termasuk pengurangan latensi dan moderasi percakapan lebih sederhana.

Situs pengunduh video YouTube-MP3.org dan sekumpulan label rekaman seperti UMG, Sony Music dan Warner Bros. telah menyetujui sebuah rancangan keputusan pengadilan. Meskipun dokumen itu belum ditandatangani oleh hakim, tampaknya, pengadilan akan memenangkan para label rekaman.


(MMI)