XL Persiapkan Diri Hadapi Lebaran

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 24 Jun 2017 15:09 WIB
xltelekomunikasi
XL Persiapkan Diri Hadapi Lebaran
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara (kanan) bersama Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya (kiri) dan Tim BRTI, Imam Nashiruddin (tengah).

Metrotvnews.com, Jakarta: Sama seperti operator lain, XL juga memastikan kesiapan jaringannya untuk menghadapi lebaran.

Saat Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara bersama BRTI mengunjungi Network Operation Center, Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya menjelaskan berbagai langkah yang XL ambil untuk mempersiapkan jaringan mereka. 

"Saat ini kami terus all out menyiapkan kesiapan jaringan kami. Banyak upaya yang telah kami lakukan diantaranya meningkatkan kapasitas jaringan, optimisasi, rebalancing, drive test di berbagai lokasi, serta penempatan berbagai perangkat pendukung seperti mobile BTS di berbagai lokasi yang menjadi pusat aktivitas mudik dan pusat-pusat keramaian," ujar Yessie.

Dia menambahkan, XL juga telah memperluas jaringan 3G dan 4G dengan menambahkan sebanyak 7.000 BTS di seluruh wilayah Indonesia. 

Tiga hari menjelang lebaran, aktivitas komunikasi pelanggan mulai berpindah dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Menurut laporan XL, terdapat sekitar 1,5 juta pelanggan yang telah berpindah dari Jabodetabek. Dampaknya, terdapat peningkatan aktivitas komunikasi sebesar 12,5 persen di Jawa Barat, 16 persen di Jawa Tengah dan Yogyarta serta 13 persen di Jawa Timur. 

XL memperkirakan kenaikan ini akan terus berlanjut hingga tiga hari setelah lebaran. Selama periode lebaran dan mudik, trafik layanan data XL juga diperkirakan akan naik 20-30 persen sementara layanan telepon dan SMS akan naik 5 persen.

Yessie menyebutkan, tiga hari menjelang lebaran, ada perubahan dalam perilaku pelanggan, yaitu pengguna semakin sering menggunakan media sosial, yang menaikkan trafik data. Media sosial yang digunakan beragam, mulai dari YouTube, Facebook, Instagram sampai Twitter. Untuk mengatisipasi lonjakan trafik, XL meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /