Huawei Rilis Video Anyar Mate 10

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 30 Aug 2017 10:03 WIB
huawei
Huawei Rilis Video Anyar Mate 10
Huawei merilis video teaser Mate 10, yang diunggah pertama kali di YouTube sebagai 'unlisted'.

Metrotvnews.com: Huawei bersiap menghadirkan smartphone terbarunya pada bulan Oktober mendatang, yang dilaporkan mengusung nama Mate 10. Perangkat ini juga dilaporkan menjadi perangkat pertama Huawei yang akan didukung chipset prosesor terbaru buatannya, yaitu Kirin 970.

Mendekati waktu penjualannya pada 16 Oktober mendatang, bocoran informasi terkait dengan Huawei Mate 10 kian banyak bermunculan. Salah satu informasi terbaru terkait perangkat ini di internet adalah video teaser resmi yang menampilkan prosesor Kirin tersebut.

Menurut Phone Arena, video tersebut awalnya diunggah di YouTube sebagai "unlisted" oleh Huawei Mobile Germany pada 22 Agustus lalu. Namun, membutuhkan waktu beberapa hari sebelum informasi tersebut diketahui oleh Roland Quandt, yang kemudian membagikannya di Twitter.

Seluruh video tersebut berkisar tentang Mate 10 dan prosesor berkecepatan tinggi yang mendukungnya, namun sejumlah cuplikan yang ditampilkan tersebut dinilai terlihat cukup aneh dan tidak antiklimaks. Sebagai contoh, setelah waktu ke 14 detik, penonton akan menemukan bahwa prosesor baru Mate 10, namun angka pada prosesor tersebut terlihat buram.

Setelah dibandingkan dengan cuplikan video Huawei Mate 9, prosesor pada kedua videi perangkat serupa meski video mengusung efek animasi berbeda. Meskipun demikian, hal ini tidak mengindikasikan Huawei masih menggunakan prosesor versi pendahulunya, yaitu Kirin 960.

Temuan tersebut dilaporkan mengoyahkan keyakinan sejumlah pihak terkait dengan kebenaran informasi yang disuguhkan video tersebut, dan mendukung prediksi terkait alasan Huawei mengunggah video tersebut sebagai 'unlisted' di awal kemunculannya.

Hal serupa juga ditemukan di detik ke 22, menampilkan bagian bawah Huawei Mate 10 yang juga dinilai merupakan cuplikan video yang disuguhkan pada video teaser Mate 9. Hal ini membuktikan bahwa video baru tersebut tidak mengungkap informasi apapun terkait dengan perangkat baru Huawei tersebut.

Sebagai pengingat, selain akan didukung oleh prosesor Kirin 970 baru, Huawei Mate 10 juga akan didukung konfigurasi delapan core, dengan empat core Cortex-A73 dan empat core Cortex-A53, berkecepatan hingga 2,8 GHz dan menggunakan arsitektur 64 bit, serta GPU Mali-G71 MP8, RAM LPDDR4 1866 mHz, dan slot SIM LTE ganda.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.