Android Oreo Bisa Bikin Baterai Lebih Irit

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 12 Nov 2017 12:37 WIB
google
Android Oreo Bisa Bikin Baterai Lebih Irit
Google mengulirkan fitur baru berkemampuan untuk mendeteksi waktu aktif pada perangkat Android.

Metrotvnews.com: Google menggulirkan fitur baru pada sistem operasi Android 8.1 Developer Preview, merupakan testbed untuk seluruh fungsionalitas baru yang akan menghadirkan sejumlah perubahan pada sistem operasi Android yang digunakan perangkat di pasar.

Fitur tersebut dilengkapi dengan kemampuan deteksi waktu aktif perangkat, berpeluang membantu pengguna menghemat daya baterai dengan mengidentifikasi dan menandai aplikasi yang mencegah ponsel masuk ke dalam mode tidur secara mendalam.

Fitur ini akan menandai aplikasi yang dicurigai menyebabkan banyak hambatan dan konsumsi baterai secara berlebihan, dengan mencegah perangkat masuk ke dalam mode tidur secara mendalam. Selain memberitahukan pengguna aplikasi tersebut, fitur ini juga akan menampilkan alasan aplikasi menggunakan banyak daya.

Sebagai contoh, aplikasi berbasis lokasi dapat menghubungi server lokasi terlalu sering, sehingga menguras daya baterai perangkat lebih cepat, atau aplikasi yang mencegah aplikasi memasuki mode tidur mendalam. Pendeteksi waktu aktif perangkat ini dapat ditemukan pada menu informasi baterai di Settings.

Menu tersebut juga akan menampilkan aplikasi yang menjadi penyebab konsumsi daya berlebih yang sering kalo memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan dengan melakukan penutupan paksa atau menonaktifkan layanan pendamping yang digunakan, seperti polling lokasi dengan bantuan GPS, dan sebagainya.

Saat ini, hampir seluruh pengguna Adroid dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksi waktu aktif dan aplikasi penyebab konsumsi daya berlebih. Namun dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mencari aplikasi pihak ketiga dan menggunakan yang disediakan Google.


(MMI)