Speaker Pintar Lebih Laku dari Smartwatch

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 27 Dec 2017 10:26 WIB
teknologi
Speaker Pintar Lebih Laku dari Smartwatch
Smartwatch masih kalah populer jika dibandingkan dengan speaker cerdas.

Jakarta: Laporan terbaru dari eMarketer menyebut bahwa teknologi wearable, termasuk smartwatch, belum berhasil memenangkan hati masyarakat. Salah satu alasannya karena speaker cerdas kini menjadi tren produk teknologi baru.

Popularitas speaker cerdas tersebut juga didorong oleh penawaran harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jam tangan cerdas. Laporan tersebut juga mencatat bahwa konsumen belum menemukan alasan pendukung pembelian smartwatch, karena seharga smartphone baru.

Pertumbuhan perangkat wearable dinilai terus mengecewakan. Pada tahun 2015, eMarketer memprediksi bahwa di antara konsumen dewasa di Amerika Serikat, penjualan perangkat wearable akan meningkat sebesar 60 persen pada tahun 2016.

Dengan angka penjualan sebesar 24,7 persen pada tahun 2018, eMarketer juga memprediksi penurunan dalam pertumbuhan perangkat wearable hingga 11,9 persen. Penurunan tersebut juga diperkirakan akan berlanjut menjadi satu digit pada tahun 2019 dan seterusnya.

Analis eMarketer Cindy Liu menyebut bahwa pertumbuhan pada kategori ini akan dihadirkan oleh pengguna smartwatch baru. Liu menyebut permasalahan terletak pada kurangnya produk menarik dan wajib dimiliki pada kategori smartphone, yang saat ini masih didominasi oleh alat pelacak kebugaran dan kesehatan.

Sementara itu, 77 persen dari populasi masyarakat usia dewasa di Amerika Serikat merupakan pemilik smartphone, dan hanya 20 persennya menggunakan smartwatch. Kategori smartwatch diperkirakan membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun untuk dapat meraih posisi puncak.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.