AMD Siapkan Kartu Grafis Pakai GDDR6 untuk Tahun Depan?

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 Dec 2017 15:24 WIB
amd
AMD Siapkan Kartu Grafis Pakai GDDR6 untuk Tahun Depan?
AMD Radeon RX Vega 56 (MTVN/DANU)

Jakarta: AMD dilaporkan sedang mengembangkan kartu grafis yang menggunakan memori GDDR6 terbaru. Kartu grafis tersebut dikatakan akan muncul tahun depan.

WCCFTech mengklaim telah mengkonfirmasi hal ini ke AMD. Meski demikian, memori GDDR6 tidak akan digunakan di semua lini kartu grafis AMD tahun depan. Kartu grafis kelas atas bakal masih menggunakan teknologi HBM atau High Bandwidth Memory.

Berita mengenai penggunaan teknologi memori baru ini pertama kali muncul setelah salah satu teknisi AMD menambahkan penerapan teknologi GDDR6 sebagai portofolionya di LinkedIn. Dari sana muncul rumor bahwa AMD memang sedang mempersiapkan kartu grafis dengan memori GDDR6. 

Dibandingkan dengan memori GDDR5 yang digunakan di berbagai kartu grafis saat ini, GDDR6 memang memiliki bandwidth dan kecepatan transfer data yang jauh lebih baik, yaitu 8Gbps dibandingkan dengan 16Gbps.

Selain itu, memori GDDR6 juga diklaim memiliki konsumsi daya yang lebih rendah yaitu hanya 1,35V dibandingkan dengan GDDR5 yang mencapai 1,5V. Sementara itu, AMD memiliki chip grafis Navi yang merupakan penerus dari Vega.

Navi yang bakal tampil di kartu grafis kelas atas AMD tidak akan menggunakan teknologi memori GDDR6. Ia akan kembali menggunakan teknologi HBM yang sudah menjadi ciri khas kartu grafis kelas atas AMD seperti Radeon RX Vega 64 dan Vega 56 yang baru-baru ini dirilis di pasar.

GDDR6 diprediksi bakal digunakan di kartu garfis kelas mainstream dan profesional seperti penerus Radeon RX 500 dan Radeon Pro.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /