AMD Siapkan Kartu Grafis Pakai GDDR6 untuk Tahun Depan?

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 Dec 2017 15:24 WIB
amd
AMD Siapkan Kartu Grafis Pakai GDDR6 untuk Tahun Depan?
AMD Radeon RX Vega 56 (MTVN/DANU)

Jakarta: AMD dilaporkan sedang mengembangkan kartu grafis yang menggunakan memori GDDR6 terbaru. Kartu grafis tersebut dikatakan akan muncul tahun depan.

WCCFTech mengklaim telah mengkonfirmasi hal ini ke AMD. Meski demikian, memori GDDR6 tidak akan digunakan di semua lini kartu grafis AMD tahun depan. Kartu grafis kelas atas bakal masih menggunakan teknologi HBM atau High Bandwidth Memory.

Berita mengenai penggunaan teknologi memori baru ini pertama kali muncul setelah salah satu teknisi AMD menambahkan penerapan teknologi GDDR6 sebagai portofolionya di LinkedIn. Dari sana muncul rumor bahwa AMD memang sedang mempersiapkan kartu grafis dengan memori GDDR6. 

Dibandingkan dengan memori GDDR5 yang digunakan di berbagai kartu grafis saat ini, GDDR6 memang memiliki bandwidth dan kecepatan transfer data yang jauh lebih baik, yaitu 8Gbps dibandingkan dengan 16Gbps.

Selain itu, memori GDDR6 juga diklaim memiliki konsumsi daya yang lebih rendah yaitu hanya 1,35V dibandingkan dengan GDDR5 yang mencapai 1,5V. Sementara itu, AMD memiliki chip grafis Navi yang merupakan penerus dari Vega.

Navi yang bakal tampil di kartu grafis kelas atas AMD tidak akan menggunakan teknologi memori GDDR6. Ia akan kembali menggunakan teknologi HBM yang sudah menjadi ciri khas kartu grafis kelas atas AMD seperti Radeon RX Vega 64 dan Vega 56 yang baru-baru ini dirilis di pasar.

GDDR6 diprediksi bakal digunakan di kartu garfis kelas mainstream dan profesional seperti penerus Radeon RX 500 dan Radeon Pro.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.