Transaksi via Ponsel Dominasi Hari Belanja Online di AS

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 30 Nov 2017 09:46 WIB
Transaksi via Ponsel Dominasi Hari Belanja Online di AS
Kegiatan berbelanja online di Amerika Serikat sudah jauh lebih dulu populer ketimbang di Indonesia namun baru belakangan ini kegiatan tersebut mulai sering dilakukan lewat smartphone.

Jakarta: Tidak mau kalah dari Alibaba yang beberapa waktu lalu menggelar hari belanja online, Amerika Serikat juga menggelar program yang sama pada 27 November 2017 dengan nama Cyber Monday.

Meskipun tidak bisa mengalahkan prestasi Alibaba kemarin, setidaknya program Cyber Monday mencetak prestasi baru bagi bisnis belanja online di Amerika Serikat. Dilaporkan oleh The Verge, Cyber Monday tahun ini mencatat rekor baru denga nilai transaksi mencapai USD6,59 miliar atau sekitar Rp89 triliun.

Khusus untuk transaksi lewat perangkat mobile seperti smartphone dan tablet juga berhasil mencatatkan rekor baru yaitu mencapai USD2 miliar atau Rp27 triliun. Kegiatan berbelanja online lewat perangkat mobile jauh melebihi penggunaan komputer desktop untuk pertama kalinya.

Pengamat di Adobe Analytics menyebutkan bahwa kemudahaan berbelanja lewat aplikasi di smartphone dan ketersedaan aplikasi mobile wallet membuat kegiatan berbelanja lewat perangkat smartphone di Amerika Serikat jauh lebih digemari.

Beberapa produk dan merek yang paling terjual selama Cyber Monday di antaranya adalah Google Chromecasts, Roku, Apple iPad, tablet Samsung, headset Apple AirPods, dan Sony PlayStation VR. Nintendo Switch dan Xbox One X menjadi konsol game paling populer, dan Super Mario Odyssey jadi game paling banyak dibeli.

Seperti yang diketahui bahwa program belanja online Singles Day yang digelar Alibaba pada 11 November 2017 berhasil mencatat nilai transaksi sebesar USD25,3 miliar atau setara Rp337 triliun untuk tahun ini. Ini mengalahkan nilai transaksi Cyber Monday dan Black Friday di Amerika Serikat tahun lalu.
(MMI)