Transaksi via Ponsel Dominasi Hari Belanja Online di AS

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 30 Nov 2017 09:46 WIB
Transaksi via Ponsel Dominasi Hari Belanja Online di AS
Kegiatan berbelanja online di Amerika Serikat sudah jauh lebih dulu populer ketimbang di Indonesia namun baru belakangan ini kegiatan tersebut mulai sering dilakukan lewat smartphone.

Jakarta: Tidak mau kalah dari Alibaba yang beberapa waktu lalu menggelar hari belanja online, Amerika Serikat juga menggelar program yang sama pada 27 November 2017 dengan nama Cyber Monday.

Meskipun tidak bisa mengalahkan prestasi Alibaba kemarin, setidaknya program Cyber Monday mencetak prestasi baru bagi bisnis belanja online di Amerika Serikat. Dilaporkan oleh The Verge, Cyber Monday tahun ini mencatat rekor baru denga nilai transaksi mencapai USD6,59 miliar atau sekitar Rp89 triliun.

Khusus untuk transaksi lewat perangkat mobile seperti smartphone dan tablet juga berhasil mencatatkan rekor baru yaitu mencapai USD2 miliar atau Rp27 triliun. Kegiatan berbelanja online lewat perangkat mobile jauh melebihi penggunaan komputer desktop untuk pertama kalinya.

Pengamat di Adobe Analytics menyebutkan bahwa kemudahaan berbelanja lewat aplikasi di smartphone dan ketersedaan aplikasi mobile wallet membuat kegiatan berbelanja lewat perangkat smartphone di Amerika Serikat jauh lebih digemari.

Beberapa produk dan merek yang paling terjual selama Cyber Monday di antaranya adalah Google Chromecasts, Roku, Apple iPad, tablet Samsung, headset Apple AirPods, dan Sony PlayStation VR. Nintendo Switch dan Xbox One X menjadi konsol game paling populer, dan Super Mario Odyssey jadi game paling banyak dibeli.

Seperti yang diketahui bahwa program belanja online Singles Day yang digelar Alibaba pada 11 November 2017 berhasil mencatat nilai transaksi sebesar USD25,3 miliar atau setara Rp337 triliun untuk tahun ini. Ini mengalahkan nilai transaksi Cyber Monday dan Black Friday di Amerika Serikat tahun lalu.
(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

6 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.