Dipatok Rp23 Juta, Panasonic Lumix G9 Siap Ramaikan Pasar Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 01 Mar 2018 16:34 WIB
panasonic
Dipatok Rp23 Juta, Panasonic Lumix G9 Siap Ramaikan Pasar Indonesia
Panasonic Lumix G9.

Jakarta: Pertama kali dirilis global pada bulan November lalu, kamera mirrorless terbaru Panasonic Lumix G9 akhirnya resmi mendarat di Indonesia. Mirrorless flagship ini disebutkan tidak berfokus pada video sekaligus fotografi lagi seperti pendahulunya.

"Apabila Lumix GH5 merupakan kamera hybrid foto dan video, dengan penekanan ke video. Lumix G9 yang persis brada di bawahnya kini lebih condong ke fotografi," ungkap Marketing Communication Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefandi saat memeperkenalkan kamera tersebut.

Menurutnya hal ini tampil dari sepsifikasinya yang lebih kuat untuk pencinta fotografi. Bodi Panasonic Lumix G9 sendiri menggunakan material yang memiliki weather sealed dan freeze proof sehingga bisa menangkap momen yang cepat.

Kamera ini ditanamkan sensor gambar Micro Four Thirds 20,3 MP da image processor Venus Engine 10 yang disematkan mode High Resolution untuk memadukan beberapa foto yang ditangkap menjadi satu buah foto dengan resolusi setara 80MP dalam format RAW.



Panasonic Lumix G9 sendiri mampu mengabadikan 50 gambar format RAW burst mode dengan kecepatan 20 fps dengan mode continous focus dan electronic shutter. Dalam mode single autofocus justru kamera ini mampu mengahsilkan kecepatan hingga 60fps.

Kamera ini hadir dengan rentang ISO 200 hingga 25.600, serta peredam guncangan berupa Dual Image Stabilizer 5-axis yang mampu meminimalisir blur pada hasil foto saat menggunakan shutter speed lambat seperti 6,5-stop.

Meskipun disebutkan lebih fokus ke fotografi, Lumix G9 masih mampu merekam video 4K dengan framerate hingga 60 fps yang ditunjuang fitur 6K Photo untuk mengambil satu frame JPEG beresolusi 18MP dari rekaman video 6K 30 fps.



Pada bagian belakangnya, terdapat panel layar touchscreen berukuran 3 inci dengan engsel yang bisa ke segala arah dan Electronic View FInder. Pada bagian atasnya, Lumix G9 memiliki LCD informasi dan indikator pengambilan foto yang tidak dimiliki pada Lumix GH5.

Pihak Panasonic Gobel meyebutkan bahwa kamera ini akan mulai dipasarkan di Indonesia pada pertengahan bulan Maret dan dipatok harga Rp22,9 juta untuk bodi kameranya saja.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.