Punya Harta Rp609 Triliun, Bos Tencent Hampir Sekaya Pendiri Google

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 20 Nov 2017 14:23 WIB
teknologi
Punya Harta Rp609 Triliun, Bos Tencent Hampir Sekaya Pendiri Google
Pendiri sekaligus CEO Tencent, Ma Huateng.

Metrotvnews.com: Perusahaan raksasa internet Tiongkok Tencent sedang untung besar. Harga sahamnya melonjak dan sang pendirinya Ma Huateng semakin kaya, yang mendekati jumlah kekayaan pendiri Google.

Dilaporkan Forbes, harga saham Tencent di Bursa Saham Hong Kong naik pada hari Jumat kemarin. Hasilnya, angka kekayaan Ma Huateng menjadi USD45 miliar, setara Rp609 triliun.

Posisinya di daftar hanya terpaut sedikit dengan kedua pendiri Google, Sergey Brin (USD47 miliar) dan Larry Page (USD48,2 miliar).

Secara keseluruhan, kekayaan perusahaan buatan Ma Huateng tersebut juga dibantu keuntungan di kuartal ketiga tahun ini yang mencapai USD2,7 miliar. Seperti yang diketahui bahwa divisi game Tencent berkontribusi besar lewat kepopuleran game berbasis MOBA.

Nama Tencent mungkin baru terdengar di berbagai penjuru dunia beberapa tahun nelakangan setelah bisnis internet di Tiongkok semakin menggurita. Padahal Tencent didirikan pada tahun yang sama dengan berdirinya Google yakni di tahun 1998.

Dalam dua dekade terakhir, Tencent memang semakin besar berkat konten game online dan aplikasi pengirim pesan. Dua game unggulannya adalah Honour of Kings alias Arena of Valor untuk versi global. Satu lagi adalah League of Legends yang ditujukan untuk PC. Keduanya adalah game MOBA.

Aplikasi pengirim pesan WeChat juga sangat populer di negara tersebut. Popularitasnya juga dibantu oleh WhatsApp milik Facebook yang tidak bisa beroperasi di sana. Kelebihan berikutnya yang ditawarkan WeChat adalah dukungan sistem pembayaran digital yang diklaim sangat mudah.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.