Giliran Skype Terancam Hengkang dari Tiongkok

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 22 Nov 2017 08:38 WIB
teknologi
Giliran Skype Terancam Hengkang dari Tiongkok
Logo layanan Skype milik Microsoft

Jakarta: Microsoft tampaknya akan meradang setelah layanan video chat Skype miliknya terancam terblokir selama dari Tiongkok. Peristiwa ini diawali dari langkah Apple menghapus Skype dari toko aplikasi miliknya.

Menurut New York Times, sejak akhir Oktober layanan Skype tidak bisa lagi ditemukan di App Store, dan pihak Apple mengakui hal tersebut. Langkah itu dilakukan setelah Apple menerima teguran dari pemerintah Tiongkok, Kementerian Keamanan Publik.

Pemerintah Tiongkok menyebut layanan Skype tidak aman. Bisa ditebak, langkah ini merupakan cerminan dari sebutan The Great Firewall yang disematkan untuk Tiongkok. Sebuah kondisi layanan internet asing tidak bisa beroperasi di negara tersebut.

Jika dugaan tersebut benar, Skype akan menyusul beberapa layanan milik Google serta WhatsApp milik Facebook yang tidak bisa diakses di Tiongkok. Pihak Apple yang dihubungi  mengaku Skype tetap tersedia untuk negara lain.

Sedikit berbeda dengan tanggapan dari Microsoft. Microsoft menuturkan bahwa kondisi ini hanya sementara dan pihaknya akan menghadirkan kembali layanan Skype secepat mungkin.

Namun, menakar dari kondisi yang terjadi, kemungkinan besar Skype akan menyusul aplikasi Google dan Facebook yang sudah lebih dulu diblokir. Skype juga dihapus dari layanan toko aplikasi lainnya yang ada di Tiongkok, bahkan unduh lewat situs pun sudah tidak bisa dilakukan.

Jika melihat 'korban' kebijakan pemerintah Tiongkok dalam layanan internet yang tersedia di negara tersebut, pemerintah setempat tidak mengizinkan aplikasi atau layanan yang menyedian fitur enkripsi end-to-end alias hanya pengirim dan penerimanya yang bisa membaca isi pesan.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /