Siapa Bagong Kussudiardja, Tokoh Doodle Hari Ini?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 09 Oct 2017 11:48 WIB
internetgoogle
Siapa Bagong Kussudiardja, Tokoh Doodle Hari Ini?
Google Doodle hari ini.

Metrotvnews.com, Jakarta: Google merayakan ulang tahun Bagong Kussudiardja yang ke-89 dengan Doodle hari ini. Siapakah Bagong Kussudiardja? Pria kelahiran tahun 1928 ini dikenal sebagai koreografer dan pelukis Indonesia.

Awal karirnya dimulai dengan menjadi penari Jawa klasik di Yogyakarta pada 1954. Dia mulai tertarik dengan seni tari melalui Sekolah Tari Kredo Bedkso Wiromo, yang dibawahi oleh Pangeran Tedjokusumo. 

Pada 1958, Bagong kemudian mendirikan Pusat Latihan Tari (PLT). Dua puluh tahun kemudian, dia membuat Padepokan Seni Bagong Kussudiardja.

Sepanjang 75 tahun hidupnya, dia telah menciptakan lebih dari 200 tari, baik tari tunggal atau tari massal. Beberapa tariannya yang populer antara lain tari Layang-layang, tari Satria tangguh dan Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih. 

Bagong terlahir dari perkawinan antara RB Tjondro Sentono dengan Siti Aminah. Selain sebagai koreografer, Bagong juga dikenal sebagai pelukis. DIa merupakan salah satu perintis seni lukis batik kontemporer. Tidak hanya itu dia pernah ikut bermain film.

Pada 1980, Bagong mendapatkan medali emas dari pemerintah Bangladesh atas lukisan abstraknya yang dipamerkan di Dacca. Pada 1985, dia mendapatkan Hadiah Seni Pemerintah RI juga penghargaan Sri Paus Paulus VI.

Bagong memulai perjalanan ke 7 negara Eropa pada Desember 1984. Perjalanan itu akan memakan waktu 5 bulan. Dia mengajak 14 penari dan mengadakan 69 kegiatan. Kegiatan yang dia lakukan beragam, mulai dari pents tari, seminar, lokakarya, pameran batik sampai demonstrasi melukis batik.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Bagong memamerkan Pawai Lintasan Sejarah pada 1985. Kegiatan itu didukung oleh 710 penari dan figuran. Satu bulan berselang, bersama 100 penari, Bagong muncul di pesisir Parangtritis.

Pada Oktober 1985, dia mempertunjukkan Pawai Lintasan Sejarah ABRI dengan mengajak 8.000 seniman, militer, hansip dan veteran untuk ikut serta. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.