Samsung S8 Punya Sensor ala iPhone 7?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 15 Nov 2016 15:09 WIB
samsung
Samsung S8 Punya Sensor ala iPhone 7?
Samsung Galaxy S8 dirumorkan akan berbekal layar berteknologi Fource Touch.

Metrotvnews.com: Samsung dilaporkan akan memperkenalkan teknologi layar Force Touch di Galaxy S8. Dikabarkan, perusahaan asal Korea Selatan itu telah memulai proses pengujian teknologi ini untuk perangkat unggulan terbarunya.

Menurut salah satu pemasok yang enggan disebutkan namanya, Samsung mempertimbangkan untuk mengadopsi teknologi Fource Touch secara parsial pada Galaxy S8. Pemanfaatan teknologi ini secara penuh baru akan dilakukan oleh Samsung dalam waktu satu atau dua tahun mendatang.

Pemasok tersebut juga menyebut, hanya menunggu waktu saja sebelum teknologi ini diadopsi oleh produsen smartphone Android besar untuk menghadirkan antarmuka yang lebih baik di perangkat. Metode input sensitif tekanan ini menjadi populer setelah Apple membekali iPhone 6s dengan teknologi yang Apple namai 3D Touch. Tidak hanya Apple, teknologi ini juga telah diadopsi oleh Huawei.

Teknologi serupa juga diperkenalkan oleh Google, bernama App Shortcut pada Android Nougat, yang mengharuskan pengguna menekan layar dalam waktu lama. Sementara itu, Force Touch menggunakan metode lebih rumit unruk mengendalikan antarmuka melalui teknologi sensitif sentuhan.

Kehadiran teknologi ini pada perangkat unggulannya di masa depan memang telah diindikasikan oleh eksekutif divisi komponen Samsung. Namun, teknologi ini diperkirakan hanya akan tersedia pada perangkat kelas menengah atas, salah satunya adalah Samsung Galaxy S8.

Sebelumnya, teknologi ini sempat dirumorkan akan tersedia pada Samsung Galaxy S7, meski rumor tersebut tidak terbukti kebenarannya. Kabar bahwa Samsung akan mengubah desain Galaxy S8 secara keseluruhan juga dinilai memperkuat rumor bahwa Samsung akan menghadirkan layar berteknologi sensitif tekanan ini.

Samsung Galaxy S8 dikabarkan akan mulai menjalani proses pengujian pada bulan Januari mendatang. Smartphone tersebut akan dirilis pada bulan Maret. Selain itu, perangkat ini juga dikabarkan akan mengusung layar 4K dan berbekal teknologi VR, serta didampingi asisten virtual karya Samsung, bernama Bixby.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.