Fotografer Buat Lensa Kamera Sendiri Pakai Printer 3D

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:44 WIB
fotografikamera
Fotografer Buat Lensa Kamera Sendiri Pakai Printer 3D
Mathieu Stern saat mencoba lensa buatannya sendiri

Metrotvnews.com: Fotografer Mathieu Stern baru-baru ini melakukan sesuatu yang sangat menarik, yaitu membuat lensa kamera sendiri menggunakan 3D printer.

Melalui YouTube, Stern memperlihatkan bagaimana ia mempersiapkan, merancang, dan membuat lensa kamera sendiri menggunakan komponen dari berbagai lensa yang digabung dengan bodi yang dibuat oleh 3D printer.



Prosesnya memang sedikit rumit. Pertama Stern mengumpulkan berbagai komponen bekas pada lensa kamera lamanya yang telah rusak. Ia kemudian memilih lensa yang paling baik menurutnya. Setelah itu, Stern melakukan perancangan dan menghitung bagaimana lensa tersebut akan tampil sesuai dengan rana (apperture) dan focal length yang diinginkan.



Selanjutnya, Stern merancang bodi lensa menggunakan software 3D modelling lalu mengirimkan rancangannya ke perusahaan spesialis cetak 3D. Setelah beberapa saat, pesanannya datang dan lensa siap dirakit. Lensa tersebut pun kini bertengger di kamera pribadinya.



Lensa kamera buatan Stern memiliki focal length 135mm dengan rana f/1.8. Ketika dijajal, lensa tersebut memiliki performa yang tergolong sangat baik dan mampu menghasilkan gambar dengan detail tajam di bagian tengah. Uniknya, Stern menambahkan fitur khusus yang memungkinkannya untuk mengatur bentuk efek bokeh yang ditampilkan oleh lensa.

Bagaimana, Anda tertarik membuat lensa kamera sendiri?




(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /