Pemerintah Jepang Larang Beli Perangkat Huawei dan ZTE?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 07 Dec 2018 15:12 WIB
huawei
Pemerintah Jepang Larang Beli Perangkat Huawei dan ZTE?
Pemerintah Jepang dilaporkan siap memberlakukan pelarangan belanja perangkat komunikasi Huawei dan ZTE.

Jakarta: Jepang dilaporkan tengah mempersiapkan larangan pembelian produk telekomunikasi oleh pemerintahannya, dari dua perusahaan asal Tiongkok, yaitu Huawei dan ZTE.

Pelarangan ini dilandasi oleh kekhawatiran terkait kebocoran informasi badan intelijen dan serangan siber. Surat kabar Yomiuri melaporkan pemerintah diperkirakan merevisi peraturan internal terkait belanja, setidaknya pada Senin mendatang.

Pemerintah Jepang enggan menyebut nama dua perusahaan tersebut secara gamblang, diperkirakan untuk menghindari kemarahan Tiongkok. Berbagai pihak meyakini subjek pelarangan ini adalah Huawei dan ZTE.

Laporan ini menjadi lanjutan dari keputusan Amerika Serikat pada tahun ini, untuk melarang pembelian perangkat Huawei oleh pemerintah. Badan intelijen Amerika Serikat menuduh Huawei punya hubungan dengan pemerintah Tiongkok, dikutip dari ZDNet.

Karenanya, produk yang ditawarkan Huawei berpotensi mengandung sistem pintu belakang yang dimanfaatkan untuk kegiatan mata-mata. Hingga saat ini belum tersedia bukti yang dilaporkan kepada publik, dan Huawei telah membantah klaim tersebut.

Selain Amerika dan Jepang, tindakan serupa juga dilakukan Australia dan Selandia Baru. Kedua negara di benua Australia ini melarang Huawei membangun jaringan 5G di wilayahnya. Langkah yang sama juga dilakukan BT Group dari Inggris.

BT Group mengungkapkan upayanya untuk menghilangkan peralatan Huawei dari inti operasional jaringan 3G dan 4G miliknya saat ini, dan menyebut tidak akan menggunakan produk perusahaan Tiongkok pada bagian inti dari jaringan terbarunya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.