Huawei Nova Berikutnya Jagokan Kemampuan Kamera

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 23 Jul 2018 13:36 WIB
huawei
Huawei Nova Berikutnya Jagokan Kemampuan Kamera
Kamera ganda dari smartphone seri terbaru Huawei Nova.

Jakarta: Huawei tampaknya tengah menyiapkan langkah barudengan menyiapkan beberapa smartphone yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Huawei sedang menyiapkan salah satu smartphone terbaru yang juga masuk dalam segmen selfie. Huawei Nova sendiri digolongkan ke dalam smartphone dengan banderol harga menengah.

Awal kehadiran kamera depan smartphone dan seiring perkembangannya, pengguna smartphone sudah cukup puas dengan kamera depan beresolusi 5MP. Perkembangan teknologi yang mendongkrak angka resolusinya hingga 20MP.

Selain itu, beberapa waktu lalu tren kamera ganda membuktikan bahwa kamera smartphone juga bisa menghasilkan foto dengan efek serupa yang didapatkan menggunakan perangkat kamera DSLR atau SLR. Hal ini kemudian mendorong vendor smartphone ikut menghadirkannya di bagian depan.

Kabarnya, Huawei tengah menyiapkan seri Huawei Nova terbaru yang kamera ganda di bagian depannya memadukan 24MP+4MP.

Ukuran resolusi tidak menjadi satu-satunya patokan foto selfie bisa terlihat menarik atau lebih cantik. Salah satu efek yang dibutuhkan di antara adalah efek beautify. Pihak Huawei menuturkan efek ini bukan hanya membuat kulit wajah obyek foto lebih putih.

Huawei melakukan survey kepada konsumen mengenai definisi foto cantik atau foto selfie yang memuaskan. Kemudian berbekal pusat riset AI atau kecerdasan buatan dan laboratorium khusus selfie Huawei, mereka mencoba menghadirkan efek beautify yang lebih canggih dan sempurna.

Menurut Huawei, kebanyakan vendor smartphone lainnya terlalu fokus tentang meningkatkan penampilan manusia sebagai obyek foto di kamera dan lupa tentang background atau latar foto tersebut yang juga penting.

Tidak mengherankan apabila foto di smartphone sering overexposed atau malah underexposed alias terlalu terang atau malah gelap. Untuk foto selfie yang sempurna, subyek dan juga background seharusnya sama-sama penting.

Mengutip bocoran mengenai smartphone Huawei seri Huawei Nova terbaru, kamera smartphone tersebut diklaim mampu mengenali delapan background yang umum, yaitu Langit Biru, Pantai, Tanaman, Malam, Stage, Bunga, Indoor, dan Salju.

Secara pintar, kamera pada smartphone itu bisa melakukan optimalisasi pada masing-masing background secara berbeda-beda.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.