Hadirkan F7 Youth, Oppo Usung 3 Perbedaan dari F7

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 23 May 2018 19:38 WIB
oppo
Hadirkan F7 Youth, Oppo Usung 3 Perbedaan dari F7
Oppo meluncurkan versi baru dari F7, yaitu F7 Youth di Indonesia.

Jakarta: Oppo memperkenalkan varian baru dari Oppo F7, yaitu F7 Youth, menyasar konsumen muda dengan eksistensi diri tinggi dan aktif beraktivitas di luar ruangan. Karenanya, ponsel cerdas ini mengunggulkan dukungan kamera yang juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI).

"Untuk kemudahan pengguna, perangkat ini dilengkapi dengan teknologi AI dengan pengaturan otomatis, sesuai dengan karakter anak muda yang aktif. Melihat antusiasme masyarakat maka tepat di Bulan Ramadan ini kami hadirkan varian baru," ujar Marketing Director Oppo Indonesia, Alinna Wenxin.

Sebagai versi lain dari ponsel cerdas yang belum lama diluncurkan Oppo di Indonesia, F7, Oppo F7 Youth mengusung spesifikasi serupa. Oppo menghadirkan perbedaan di antara kedua perangkat pada tiga faktor pendukung perangkat, yaitu kamera, layar dan sensor pemindai sidik jari.

Pada F7 Youth, Oppo membekalinya dengan dukungan kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP, berbeda dari F7 berbekal kamera depan 25MP dan kamera belakang 16MP. Namun kamera kedua perangkat tetap didukung oleh teknologi kecerdasan buatan.

Sementara itu, F7 Youth hadir dengan layar berukuran 6 inci, namun dengan rasio aspek 18:9. Berbeda dengan F7 yang hadir dengan layar berukuran lebih besar 6,23 inci dan rasio aspek 19:9.

Perbedaan lain di sisi layar terlihat dari absennya desain poni pada F7 Youth, yang menjadi salah satu keunggulan Oppo F7.

Sayangnya, Oppo menghilangkan kehadiran sensor pemindai sidik jari pada F7 Youth, dan menggantikannya dengan teknologi Face Unlock untuk memudahkan pengguna dalam membuka kunci layar perangkat.

Meski sejumlah perbedaan tersebut, Oppo menjamin pengguna tidak akan menemukan perbedaan dalam hal perfoma antara kedua perangkat.

"Dalamannya kan sama, prosesornya sama juga, fitur juga kurang lebih sama. Jadi tidak ada masalah dengan performa, dan pengalaman penggunaannya kurang lebih juga sama," ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto.

Oppo menyebut bahwa F7 Youth tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Solar Red dan Black Diamond tersedia secara lebih luas pada 1 Juni mendatang seharga Rp3.799.000, dan dapat dipesan melalui program pre-order di Lazada mulai 23 Mei hingga 31 Mei 2018.

Sementara itu, Oppo juga menawarkan versi F7 Youth Limited Special Package dengan menggandeng merek produk Shiseido melalui program pre-order di Lazada mulai 23 Mei hingga 31 Mei 2018.

Pada versi F7 Youth Limited Special Package yang dipasarkan seharga Rp3.899.000 tersebut pengguna dapat memperoleh produk Shiseido Perfect UV Protector.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.