Facebook tak Ingin Peraturan yang Mengekang

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 11 Apr 2018 16:55 WIB
media sosialfacebookCambridge Analytica
Facebook tak Ingin Peraturan yang Mengekang
Mark Zuckerberg enggan untuk menyebutkan regulasi seperti apa yang dia dukung. (Jaap Arriens / NurPhoto via Getty Images)

Jakarta: Setelah mengaku bertanggung jawab dan meminta maaf karena gagal melindungi data pengguna, CEO Facebook menyatakan dukungannya pada regulasi meski dia tidak menyebutkan regulasi mana yang dia dukung. Hal ini dia sampaikan ketika dia hadir dalam kesaksian pertamanya di hadapan 44 senator.

"Saya tidak mendukung ketiadaan regulasi," kata Zuckerberg. "Saya rasa, pertanyaan yang harus ditanyakan adalah seiring dengan semakin pentingnya internet dalam kehidupan masyarakat, regulasi apa yang tepat?"

Ketika ditanyai lebih lanjut, milyarder berumur 33 tahun itu menolak untuk menyebutkan regulasi seperti apa yang akan dia dukung. Defensif, dia hanya menjelaskan tentang visi ideal dari perusahaan yang dia pimpin, lapor Huffington Post. 

Senator Partai Demokrat dari Massachusetts, Ed Markey bertanya pada Zuckerberg apakah dia akan mendukung peraturan yang meminta platform digital seperti Facebook untuk mendapatkan persetujuan aktif pengguna ketika mereka mengumpulkan data pengguna untuk melakukan iklan tertarget. Zuckerberg menghindar dengan berkata, "Secara umum, saya rasa itu adalah prinsip yang tepat."

Sementara ketika Senator Partai Demokrat dari Washington, Maria Cantwell membahas tentang kemungkinan Amerika Serikat membuat peraturan perlindungan data seperti yang dilakukan Uni Eropa, Zuckerberg kembali menghindar dengan berkata, "Ini memang harus didiskusikan."

Pertanyaan-pertanyaan dari para senator menunjukkan bahwa mereka, sama seperti pengguna Facebook yang lain, tidak terlalu tahu bayaran apa yang harus mereka berikan ketika mereka membuat akun Facebook.

Zuckerberg menjawab berbagai pertanyaan seperti bagaimana Facebook mendapatkan untung -- dengan menjual iklan -- berapa banyak data yang merkea kumpulkan, bagaimana cara kerja iklan tertarget dan apakah Facebook mengumpulkan data dari semua produk-produk mereka. 

Facebook tidak hanya media sosial yang menghubungkan Anda dengan keluarga dan teman Anda, seperti yang disebutkan oleh Zuckerberg.

Facebook memiliki dua perusahaan media sosial, yaitu Facebook dan Instagram, tiga aplikasi pengirim pesan, yaitu Messenger, Messenger Kids dn WhatsApp. Facebook juga menyediakan VPN yang memata-matai aplikasi pesaing untuk meniru fitur mereka.

Facebook juga membuat headset Virtual Reality, menawarkan platform para bisnis lain, seperti pengembangan game dan juga peneliti profesional.

Facebook juga merupakan platform iklan digital yang mengumpulkan data dari semua produk mereka untuk membantu pengiklan menyesuaikan target iklan mereka. 

Ketika ditanya apakah Facebook memiliki pesaing, Zuckerberg tidak segera menjawab. Namun, dia juga tidak ingin jika Facebook dilabeli sebagai monopoli. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.