WhatsApp iOS Mulai Tampilkan Iklan

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 29 Sep 2018 15:21 WIB
whatsapp
WhatsApp iOS Mulai Tampilkan Iklan
WhatsApp dilaporkan tengah menguji fitur iklan pada WhatsApp Status versi iOS.

Jakarta: Pada awal minggu ini, co-founder WhatsApp Brian Acton mengungkap alasan meninggalkan Facebook satu tahun lalu.

Acton mengungkap bahwa CEO Facebook Mark Zuckerberg berencana untuk mengimplementasikan iklan sebelum mengakuisisi aplikasi pesan instan karyanya.

Kini, hampir lima tahun setelah akuisisi tersebut dilaksanakan, indikasi implementasi tersebut mulai terlihat. Menurut WABetaInfo, platform pesan populer ini tengah berupaya menghadirkan iklan pada aplikasi versi iOS.

Iklan ini akan muncul pada WhatsApp Status, serupa dengan iklan yang muncul pada Instagram Stories. Hingga saat ini, masih belum tersedia informasi detil terkait penargetan iklan ini.

Namun, pesan WhatsApp dienkripsi, artinya Facebook tidak dapat menggunakan pesan untuk menggali data pengguna.

Meskipun demikian, Facebook dapat mengasosiasikan nomor ponsel dengan profil Facebook. Hal ini memungkinkan raksasa media sosial tersebut untuk menempatkan iklan bertarget, berdasarkan aktivitas pengguna pada aplikasi lain.

Fitur ini masih dalam fase pengujian, sehingga pengguna iPhone masih belum akan menyaksikan iklan pada platform pesannya dalam waktu dekat. Setelah diimplementasikan, fitur ini diperkirakan tidak membutuhkan waktu lama hingga tersedia di platform versi Android.

Sebelumnya, WhatsApp baru saja menggulirkan update untuk aplikasi layanan pesan instan karyanya, berbekal fitur yang banyak diminta oleh pengguna yaitu media preview atau peninjauan konten. Sayangnya, update tersebut baru tersedia untuk aplikasi versi iOS.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.