Computex 2018

ASUS Perkenalkan ZenBook Pro Baru, Unggulkan ScreenPad

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Jun 2018 12:03 WIB
asusComputex 2018
ASUS Perkenalkan ZenBook Pro Baru, Unggulkan ScreenPad
ASUS Global PC and Phone Marketing Senior Director, Marcel Campos.

Taipei: ASUS memperkenalkan ZenBook Pro baru. Salah satu fitur unik dari laptop ini adalah ScreenPad yang menggantikan touchpad di bagian bawah keyboard. ASUS mengklaim bahwa ScreenPad sebagai "touchpad cerdas pertama di dunia". 

Dalam acara bertema Unleash Your Creative Power, ASUS Global PC and Phone Marketing Senior Director, Marcel Campos menjelaskan mengapa ScreenPad pada ZenBook Pro disebut "cerdas".

Selain berfungsi layaknya touchpad biasa, ScreenPad juga memiliki beberapa fungsi lain. Salah satunya adalah untuk membuka aplikasi langsung pada ScreenPad yang berukuran 5,5 inci.

Saat ini, hanya ada 10 aplikasi yang bisa Anda buka seperti kalkulator, kalender dan pemutar musik. Namun, Campos menyebutkan, ASUS akan mengajak para developer untuk membuat program baru untuk ScreenPad. 


Membuka aplikasi kalender langsung pada ScreenPad. 

Selain itu, ScreenPad juga bisa menampilkan berbagai tool, tergantung pada program yang Anda buka. Ketika Anda membuka program seperti Microsoft Office atau Excel, ScreenPad akan menampilkan shortcut untuk berbagai tool terkait. 

"Semua alat yang saya butuhkan ada di ScreenPad," kata Campos dalam acara yang diadakan di HumbleHouse, Taipei.

"Anda juga bisa melakukan kustomisasi ScreenPad berdasarkan fitur yang sering Anda gunakan." Tidak berhenti sampai di situ, ScreenPad juga bisa ANda gunakan untuk mengendalikan video ketika Anda sedang menonton video di YouTube. 

"ScreenPad juga bisa berfungsi sebagai layar kedua," ujar Campos. Itu artinya, Anda bisa menarik program pada komputer sehingga ia tampil di bagian ScreenPad. Menariknya, ScreenPad bahkan dilengkapi dengan fitur split-screen layaknya ponsel. Jadi, Anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus di ScreenPad. 



Target pasar ASUS untuk ZenBook Pro adalah kreator video, fotografer profesional dan 3D Designer. "Mereka membutuhkan laptop premium dengan spesifikasi tinggi," kata Campos. Baik ZenBook Pro 14 dan 15 telah menggunakan Windows 10 sebagai prosesor. 

ZenBook Pro 15 menggunakan Intel Core i9 generasi ke-8 sebagai prosesor, yang dipadankan dengan GeForce GTX 1050Ti dan 1TB PCIe x4 SSD. Sementara ZenBook Pro 14 menggunakan prosesor Intel i7 generasi ke-8, GeForce GTX 1050 Max-Q, 1TB PCIe x4 SSD dan Intel Optane. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.