Apple Kembangkan Headset AR/VR Resolusi 8K?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Apr 2018 11:21 WIB
applevirtual reality
Apple Kembangkan Headset AR/VR Resolusi 8K?
Apple mungkin akan membuat headset AR/VR. (AFP PHOTO / JIM YOUNG)

Jakarta: Apple tengah mengembangkan headset AR/VR yang mungkin akan diluncurkan paling cepat pada 2020, mengutip orang yang tahu tentang rencana Apple. Dikabarkan, headset ini memiliki nama kode "T288" dan akan menggunakan prosesor buatan Apple. 

Dikabarkan, T288 milik Apple akan mendukung konten AR dan VR. Satu hal yang menarik adalah resolusi pada headset ini. Dikabarkan, headset buatan Apple ini akan memiliki resolusi 8K per mata.

Jika benar, ini akan membuat headset tersebut mengalahkan dua headset terbaik saat ini, yaitu headset buatan Oculus dan HTC. Sebagai perbandingan, baik Oculus Rift dan HTC Vive hanya memiliki resolusi 1080 x 1200 per mata.

Jika Apple memang bisa membuat headset dengan resolusi yang sangat tinggi, mereka akan memecahkan masalah yang kini ada saat menggunakan headset AR/VR, seperti gambar yang mengabur saat bergerak. 

Tidak hanya itu, headset ini juga tidak akan memiliki kabel. CNET menyebutkan, Apple tengah mengembangkan protokol nirkbale kecepatan tinggi 60GHz WiGig yang dapat mentransfer data dengan cepat.

Memang, sekarang, salah satu hal yang paling mengganggu dari headset VR premium adalah keberadaan kabel. Kemungkinan, Apple akan menggunakan chip 5 nanometer pada headset ini. Sebagai perbandingan, iPhone X menggunakan prosesor 10 nanomenter.

Perusahaan asal Cupertino itu telah membuat prosesornya sendiri sejak lama, dimulai dengan chip A4 untuk iPad pada 2010. Karena itu, tidak heran jika Apple ingin menanamkan prosesor buatannya sendiri pada headset AR/VR mereka. 

Namun, semua usaha Apple akan sia-sia jika konsumen tidak peduli. Sejauh ini, masyarakat tidak terlalu peduli dengan keberadaan teknologi AR atau VR, meski ada beberapa game AR yang sangat populer, seperti Pokemon Go. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.