Tampil Unik, Kodak Ektra Fokuskan Fitur Fotografi

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Oct 2016 09:54 WIB
kodak
Tampil Unik, Kodak Ektra Fokuskan Fitur Fotografi
Smartphone terbaru Kodak bernama Ektra hadir dengan tampilan unik menyerupai kamera saku model lama.

Metrotvnews.com: Lebih dikenal masyarakat sebagai produsen yang kuat di ranah fotografi, Kodak kembali mencoba peruntungannya di ranah digital melalui smartphone terbarunya, Kodak Ektra. Smartphone ini menjadi penerus IM5 yang sebelumnya kurang disambut baik masyarakat.

Ponsel cerdas ini mengusung nama terinspirasi dari rangefinder dari pertengahan abad ke-20. Nama tersebut juga menginspirasi tampilan Kodak Ektra yang menyerupai kamera digital saat perangkat diletakan dalam posisi layar menghadap ke arah bawah.

Kodak Ektra hadir dengan lensa kamera berukuran besar sebagai indikasi pertama bahwa ponsel ini merupakan smartphone yang terfokus pada fotografi. Bagian belakang ponsel ini dibalut oleh bahan kulit palsu berwarna gelap, mengingatkan pada kamera saku versi lama.



Selain itu, indikator lain yang menunjukan Kodak Ektra sebagai smartphone fotografi juga melalui lekukan di bagian sisi dan bawah perangkat, ditujukan untuk menjami perangkat tergenggam dengan baik. Ponsel cerdas ini juga dilengkapi dengan tombol shutter berbahan metal khusus di bagian atasnya.

Kodak Ektra menggunakan sensor 21MP karya Sony pada kameranya, yang diklaim mampu menghadirkan gambar dengan tampilan detil yang baik. Lensa kamera perangkat ini dibekali aperture f/2.0 serta teknologi Optical Image Stabilization. Kamera ponsel ini juga didampingi oleh lampu flash LED ganda dan teknologi Arcsoft night shot, untuk mendukung fotografi malam hari.



Menggunakan Android 6.0 Marshmallow, Kodak belum menginformasikan sistem operasi yang digunakan Ektra dapat diubah ke Android 7.0 Nougat. Namun, Kodak berjanji akan secara konsisten mengumumkan update keamanan Android untuk perangkat ini.

Kodak Ektra akan meluncur Desember mendatang, dengan prediksi harga sebesar EUR499. Ponsel cerdas ini dikabarkan akan hanya tersedia pada pasar di sekitar Eropa.

Namun kepada Engadget, perwakilan Kodak menyebut perusahaannya akan mengawasi permintaan pasar terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk memasarkan ponsel ini di pasar lebih luas.


(MMI)