Tampil Unik, Kodak Ektra Fokuskan Fitur Fotografi

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Oct 2016 09:54 WIB
kodak
Tampil Unik, Kodak Ektra Fokuskan Fitur Fotografi
Smartphone terbaru Kodak bernama Ektra hadir dengan tampilan unik menyerupai kamera saku model lama.

Metrotvnews.com: Lebih dikenal masyarakat sebagai produsen yang kuat di ranah fotografi, Kodak kembali mencoba peruntungannya di ranah digital melalui smartphone terbarunya, Kodak Ektra. Smartphone ini menjadi penerus IM5 yang sebelumnya kurang disambut baik masyarakat.

Ponsel cerdas ini mengusung nama terinspirasi dari rangefinder dari pertengahan abad ke-20. Nama tersebut juga menginspirasi tampilan Kodak Ektra yang menyerupai kamera digital saat perangkat diletakan dalam posisi layar menghadap ke arah bawah.

Kodak Ektra hadir dengan lensa kamera berukuran besar sebagai indikasi pertama bahwa ponsel ini merupakan smartphone yang terfokus pada fotografi. Bagian belakang ponsel ini dibalut oleh bahan kulit palsu berwarna gelap, mengingatkan pada kamera saku versi lama.



Selain itu, indikator lain yang menunjukan Kodak Ektra sebagai smartphone fotografi juga melalui lekukan di bagian sisi dan bawah perangkat, ditujukan untuk menjami perangkat tergenggam dengan baik. Ponsel cerdas ini juga dilengkapi dengan tombol shutter berbahan metal khusus di bagian atasnya.

Kodak Ektra menggunakan sensor 21MP karya Sony pada kameranya, yang diklaim mampu menghadirkan gambar dengan tampilan detil yang baik. Lensa kamera perangkat ini dibekali aperture f/2.0 serta teknologi Optical Image Stabilization. Kamera ponsel ini juga didampingi oleh lampu flash LED ganda dan teknologi Arcsoft night shot, untuk mendukung fotografi malam hari.



Menggunakan Android 6.0 Marshmallow, Kodak belum menginformasikan sistem operasi yang digunakan Ektra dapat diubah ke Android 7.0 Nougat. Namun, Kodak berjanji akan secara konsisten mengumumkan update keamanan Android untuk perangkat ini.

Kodak Ektra akan meluncur Desember mendatang, dengan prediksi harga sebesar EUR499. Ponsel cerdas ini dikabarkan akan hanya tersedia pada pasar di sekitar Eropa.

Namun kepada Engadget, perwakilan Kodak menyebut perusahaannya akan mengawasi permintaan pasar terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk memasarkan ponsel ini di pasar lebih luas.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.