Google Play Berhenti Dukung OS Lawas Tahun Depan

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 22 Nov 2016 13:41 WIB
google
Google Play Berhenti Dukung OS Lawas Tahun Depan
Google Play versi terbaru yang akan dirilis pada tahun depan tidak lagi mendukung OS Gingerbread dan Honeycomb.

Metrotvnews.com: Google mengumumkan perpustakaan layanan Google Pay 10.0.0 dan Firebase 10.0.0 untuk Android merupakan versi terkahir yang mendukung Android API level 9 melalui API level 13. Versi selanjutnya dari perpustakaan ini, yaitu 10.2.0, akan mendukung API level 14 dan selanjutnya.

Dukungan API tersebut mengindikasikan bahwa versi selanjutnya yang akan dirilis di awal tahun 2017 ini, tidak lagi mendukung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dan Android 3.0/3.1/3.2 Honeycomb. Layanan Google Play Store merupakan layanan dasar Google berisi paket API untuk Android.

Layanan yang pertama kali diperkenalkan pada bulan September 2012 lalu ini menjadi medium Google, dalam menyalurkan update dan perbaikan untuk layanannya kepada pengguna Android, tanpa perlu melakukan upgrade pada seluruh sistem operasi.

Menurut laporan adopsi terbaru, Gingerbread digunakan pada 1,3 persen perangkat yang saat ini terhubung pada layanan Google Play. Sementara itu, sebanyak kurang dari 0,1 persen dari perangkat yang terhubung ke Google Play menggunakan sistem operasi Android Honeycomb.

Jumlah tersebut menjadi alasan dibalik penghentian dukungan Google untuk dua dari rangkaian sistem operasi Android pertamanya tersebut. Semakin sedikitnya dukungan yang dihadirkan oleh pengembang pihak ketiga untuk keduanya juga memperkuat alasan penghentian dukungan tersebut.

Namun, pengembang tetap dapat menggunakan layanan dan Firebase Google Play versi 10.0.0 dengan perangkat bersistem operasi Gingerbread dan Honeycomb. Setelah melakukan upgrade ke veri 10.2.0 dan seterusnya, pengembang diharuskan untuk menargetkan API level 14 sebagai versi pendukung minimum atau membangun berbagai APK untuk mendukung API di bawah level 14.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /