XL Uji Coba 4,5G, Kecepatan Tembus 270Mbps

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 12 Oct 2016 15:19 WIB
xl
XL Uji Coba 4,5G, Kecepatan Tembus 270Mbps
Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono.

Metrotvnews.com, Jakarta: XL Axiata mulai mengimplementasikan teknologi 4T4R 4x4 MIMO untuk layanan 4G LTE. XL mengklaim, penerapan teknologi ini meningkatkan kecepatan akses internet hampir 2 kali lipat, serta membuat koneksi jauh lebih stabil. Saat ini, XL telah menerapkannya di beberapa kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Pengumuman ini disampaikan oleh XL Axiata, dalam konferensi pers di Graha XL, Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2016). Untuk penyediaan infrastruktur, XL menggandeng Ericsson sebagai salah satu pemain lama di industri telekomunikasi Indonesia.

"Sebelumnya, XL sudah melakukan uji coba teknologi 4,5G lainnya yaitu LTE Carrier Aggregation dengan tiga frekuensi 900 MHz, 1800 MHz dan 2100 MHz, kemudian juga melakukan uji coba LTE-LAA (License Assisted Access)," kata Direktur Service Management XL, Yessie D. Yosetya.

Secara teknis 4T4R merupakan teknologi untuk meningkatkan kecepatan akses data menggunakan multisinyal, yaitu kombinasi 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya, teknologi ini memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus dan menerima data dari kombinasi 4 sinyal sekaligus.

Pada sesi demo, XL memamerkan kecepatan downlink yang diraih mencapai 270Mbps, sementara kecepatan uplink mencapai 12Mbps. XL menyebutkan, hingga tahun 2018, mereka akan mengimplementasikan teknologi 4,5G ke kota lainnya, termasuk penyelenggara Asian Games, yaitu Palembang.

Sekitar satu bulan lalu, XL mengumumkan bahwa mereka telah menggunakan 4T4R sebagai persiapan penggunaan teknologi 4.5G. Ketika itu, XL menyebutkan, mereka berharap, teknologi 4.5G sudah akan dapat digunakan pada tahun 2017.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /