Gandeng LAPI, Telkomsel Bantu Dorong Smart City di Bekasi

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:17 WIB
telkomselsmart city
Gandeng LAPI, Telkomsel Bantu Dorong Smart City di Bekasi
Telkomsel dan LAPI ITB bekerja sama untuk dukung perkembangan konsep Smart City bagi Kota Bekasi, Jawa Barat.

Metrotvnews.com, Bekasi: Telkomsel meresmikan kerja samanya dengan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pengembangan konsep Smart City bagi Kota Bekasi, Jawa Barat, hari ini, Rabu (30/11/16), di Kantor Walikota Bekasi.

"Dengan adanya kerja sama Telkomsel dengan LAPI ITB, diharapkan platform Smart City dapat diimplementasikan melalui pengembangan bisnis digital, penerapan teknologi machine to machine, dan supporting system untuk big data solution," ujar Vice President Technology & System Telkomsel Ivan C. Permana.

Implementasi Smart City di Indonesia, lanjut Ivan, menjadi salah satu bentuk dukungan Telkomsel untuk pemerintah kota di Indonesia dalam meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Kerja sama Telkomsel dengan LAPI ITB dan Pemerintah Kota Bekasi dilaksanakan melalui proses kajian, pengembangan dan implementasi Smart City. Selain itu, kerja sama ini dihadirkan dalam bentuk platform Smart City, Patriot Operation Center, instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta aplikasi Sorot.

Platform Smart City ditujukan sebagai sumber informasi untuk pemerintah dalam pengambilan keputusan berdasarkan informasi real time yang berasal dari sensor dari sistem terintegrasi. Sementara itu, Patriot Operation Center merupakan ruang kontrol bagi pemerintah kota, ditujukan untuk memantau dan mendapatkan informasi terintegrasi.

Telkomsel dan LAPI ITB juga bekerja sama dalam pemasangan sensor pencemaran udara, sistem sensor pencemaran sungai, CCTV, GPS tracking, serta sensor pendapatan daerah atas pajak daerah (MPOS). Seluruh sensor ini akan terintegrasi dengan Patriot Operation Center.

Sementara itu, aplikasi Sorot merupakan media berbasis teknologi terintegrasi yang memfasilitasi pelaporan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi terkait kondisi sosial dan lingkungan Kota Bekasi. Aplikasi ini hadir dalam format serupa media sosial Facebook dan telah aktif digunakan oleh sejumlah masyarakat.

Bekasi menjadi kota kedua tempat diimplementasikannya platform Smart City oleh Telkomsel dan LAPI ITB. Ivan menyebut, platform serupa juga telah diterapkan di Bogor, Jawa Barat pada tahun lalu, dan akan diterapkan di berbagai kota di Indonesia pada tahun sebelumnya.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /