Senjata Ini Bisa Lumpuhkan Drone dari Jarak Jauh

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Nov 2016 18:57 WIB
drone
Senjata Ini Bisa Lumpuhkan Drone dari Jarak Jauh
DroneGun.

Metrotvnews.com: Ada banyak cara untuk menghentikan drone, tapi biasanya Anda harus berada di dekatnya. Hal ini bisa menjadi berbahaya jika drone yang harus hentikan saat ia membawa bahan peledak.

Inilah yang menjadi alasan bagi DroneShield membuat DroneGun, sebuah jammer yang akan mematikan sinyal drone, termasuk GPS dan GLONASS dari jarak maksimal 1,2 mil. 

Sama seperti alat lain yang berfungsi untuk menghentikan drone, DroneGun tidak menghancurkan drone yang menjadi target. Ia hanya akan memaksa drone mendarat atau kembali ke tempat ia diterbangkan. Hal ini berarti, seperti yang disebutkan oleh Engadget, DroneGun tidak hanya dapat menetralisir ancaman dari sebuah drone dari jarak yang aman tapi juga dapat melacak keberadaan sang pilot.

Dengan berat 13 pon, DroneGun terbilang cukup berat. Namun, ia masih cukup ringan untuk dibawa dan digunakan oleh satu orang. Tidak hanya itu, untuk menggunakan alat penghenti drone ini, Anda tidak memerlukan latihan khusus. Seorang satpam dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Namun, sekarang ini, DroneGun belum mendapatkan sertifikasi dari Komisi Komunikasi Federal (FCC). Dengan kata lain, ia belum bisa digunakan secara legal di Amerika Serikat. Jika FCC mengeluarkan sertifikasi untuk alat ini, maka ia akan dapat digunakan untuk menghentikan drone yang masuk ke bandara atau melindungi para tentara dari drone yang membawa bom.

Saat ini, kepolisian Belanda menggunakan elang yang telah dilatih untuk melindungi bandara atau tempat sensitif lainnya dari drone. Belanda adalah negara pertama yang menggunakan elang sebagai perlindungan dari drone. 

Anda bisa melihat penggunaan DroneGun di video di bawah ini.




(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /