Kirim 2 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa, Tiongkok Siapkan Misi ke Mars

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 18 Oct 2016 09:12 WIB
antariksa
Kirim 2 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa, Tiongkok Siapkan Misi ke Mars
TIongkok sukses meluncurkan misi Shenzhou 11. (YouTube / SpaceVids.tv)

Metrotvnews.com: Kemarin, Roket Tiongkok, Long March-2F meluncur dari Jiuquan Satellite Launch Center, yang terletak di pinggir gurun Gobi, Tiongkok Utara pada pukul 7.30 waktu setempat.

Roket itu membawa 2 astronot Tiongkok. Kedua astronot tersebut menuju Tiangong 2, stasisun luar angkasa percobaan. Di sana, mereka akan menghabiskan 30 hari untuk melakukan berbagai percobaan.

Menurut Slash Gear, percobaan yang akan dilakukan oleh kedua astronot itu antara lain percobaan dalam pengobatan dan teknologi lain yang berkaitan dengan luar angkasa. Percobaan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mempersiakan misi peluncuran modul utama stasiun luar angkasa pada 2018.

Dua astronot Tiongkok yang berpartisipasi dalam misi Shenzhou 11 ini adalah Jing Haipeng dan Chen Dong. "Mimpi semua astronot adalah untuk ikut serta dalam banyak misi ke luar angkasa," kata Jing, seperti yang dikutip dari The Guardian.

Misi ini merupakan kali ke-6 Tiongkok mengirimkan manusia ke luar angkasa. Ia juga akan menjadi misi terlama Tiongkok sejauh ini. Setelah mengirimkan modul utama pada 2018, akan ada 2 modul eksperimen yang diluncurkan sehingga stasiun luar angkasa itu dapat bekerja pada tahun 2022.

Menurut rencana Tiongkok, stasiun luar angkasa itu akan beroperasi selama setidaknya 10 tahun.

Tiongkok melihat stasiun luar angkasa Tiangong sebagai langkah awal untuk meluncurkan misi ke Mars di dekade berikutnya.

Sebelum ini, Tiongkok meluncurkan stasiun luar angkasa Tiangong 1 pada tahun 2011. Ia berhenti digunakan pada bulan Maret lalu setelah dikunjungi oleh 3 pesawat dan memperpanjang durasi misinya menjadi 2 tahun lebih lama dari perkiraan.

Tiongkok merupakan negara ke-3 yang berhasil mengirimkan manusia ke luar angkasa setelah Rusia dan Amerika Serikat. Selain itu, pemerintah Tiongkok juga berencana untuk mengirimkan manusia ke bulan.

Tiongkok tidak boleh berpartisipasi dalam International Space Station karena AS menganggap program luar angkasa Tiongkok yang terlalu bersifat militer.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /