Punya Bos Baru, Cyanogen Ganti Model Bisnis

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 11 Oct 2016 10:29 WIB
cyanogenmod
Punya Bos Baru, Cyanogen Ganti Model Bisnis
Ilustrasi: Phandroid

Metrotvnews.com: Cyanogen, startup yang menciptakan alternatif dari OS Android standar CyanogenMod, akan mengubah model bisnisnya.

Langkah ini diambil setelah Lior Tal yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer, kini menjadi CEO menggantikan Kirt McMaster yang sekarang mengisi posisi Executive Chairman. Kebijakan ini sebagai langkah lanjutan demi terus bertahan di industri OS mobile.

"...dalam beberapa tahun terakhir, ekosistem OS Android telah berubah," kata Tal dalam blog resminya, dikutip dari Tech Crunch.

"Android telah menjadi salah satu sistem operasi yang rentan soal celah keamanan, dan tidak banyak produsen smartphone yang rajin memberikan update untuk perangkat mereka. Permintaan smartphone terjangkau yang semakin meningkat, di tambah dengan perlombaan spesifikasi ponsel yang semakin kencang membuat vendor sering melupakan investasi pada software dan layanan lainnya."

Dari sinilah, Cyanogen melihat peluang baru, dan memutuskan berhenti menjual CyanogenMod dan Cyanogen OS secara penuh. Mereka akan memberikan akses kepada para vendor smartphone yang menjalin kerja sama dengan mereka, untuk menentukan fitur atau layanan OS yang akan teretanm pada jajaran smartphone mereka berikutnya.

Dengan kata lain, vendor smartphone bebas menciptakan modifikasi OS Android, dan menyisipkan sebagian fitur atau layanan CyanogenMod.

CyanogenMod merupakan modifikasi OS Android yang menawarkan beberapa fitur khusus. Selain antarmuka yang berbeda, CyanogenMod juga menyediakan fitur bagus seperti peningkatan performa, daya tahan baterai yang lebih baik, dan ruang untuk developer aplikasi dalam pengembangan yang lebih baik.

Sayangnya, menurut The Information, jumlah pengguna mereka mulai menurun sejak bulan Agustus lalu. Saat ini, mereka hanya memiliki sekitar 2-3 juta pengguna aktif per bulan.

Dengan kebijakan ini, Cyanogen berharap bisa merangkul pasar yang lebih luas, dan tetap bisa menjalankan misi utama mereka, yaitu tidak membiarkan OS Android murni dari Google mendominasi pasar smartphone.

Cukup masuk akal jika Cyanogen ingin merangkul smartphone terjangkau, yang selama ini kesulitan menjalankan CyanogenMod karena spesifikasi yang tidak memadai.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /