Qualcomm Buka Fasilitas Riset di Shanghai

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 14 Sep 2016 11:24 WIB
qualcomm
Qualcomm Buka Fasilitas Riset di Shanghai
foto: Glassdoor

Metrotvnews.com: Qualcomm secara resmi membuka fasilitas uji coba semikonduktor di Shanghai, yang merupakan bagian dari Qualcomm Communication Technologies.

Berdasarkan keterangan resmi dari pihak Qualcomm yang diterima DigiTimes, fasilitas ini hasil kerja sama dengan Amkor Technologies, salah satu pemain lama di industri komponen semikonduktor dan perakitan.

Bukan fokus ke produksi masal, fasilitas ini dibangun sebagai tempat riset dan pengembangan, dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi yang sudah dimiliki Amkor Technologies.

Jika Anda belum pernah mendengarnya, Amkor Technologies adalah pabrikan semikonduktor yang sudah berdiri sejak 1968. Tidak hanya chip untuk produk lepas ke konsumen, mereka juga merakit dan menjalin kerja sama untuk pengembangan komponen yang berhubungan dengan industri berat, seperti kabel tembaga.

Menurut Qualcomm, langkah ini sebagai salah satu bukti keseriusan mereka dalam meningkatkan kemampuan para ahli industri terkait di Tiongkok.

“Qualcomm Technologies akan terus memperluas pijakannya di industri Tiongkok, dan kantor kami yang ada di Shanghai sebagai salah satu dedikasi tersebut,” kata Chairman Qualcomm China, Frank Meng.

Qualcomm yang selama ini dikenal konsumen sebagai pembuat prosesor smartphone, sebenarnya juga menciptakan chip untuk mendukung tren internet of things. Chip tersebut lebih menekankan dukungan konektivitas jaringan, termasuk jaringan 4G LTE, yang nantinya terpasang pada perangkat selain smartphone.

Dalam ajang Computex Taipei 2016 bulan Mei lalu, mereka memamerkan jajaran perangkat IoT yang bisa membantu hidup manusia.

Sementara untuk prosesor mobile, Qualcomm Snapdragon 821 menjadi produk unggulan, yang sudah tertanam pada smartphone ASUS ZenFone 3 Deluxe.

Fasilitas pengembangan di Shanghai ini akan beroperasi mulai bulan depan, 18 Oktober.
 


(MMI)

Video /