Mobile Payment Rentan Serangan Siber

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 21 Sep 2016 17:59 WIB
cyber security
Mobile Payment Rentan Serangan Siber
Ilustrasi: amalasvegas

Metrotvnews.com, Jakarta: Fortinet menyebut layanan pembayaran mobile menjadi salah satu celah yang rentan terhadap serangan siber. Kerentanan tersebut terkait dengan keamanan yang ditawarkannya terhadap data dan informasi pengguna.

"Pertumbuhan layanan pembayaran mobile semakin tinggi berkat dukungan teknologi serta kehadiran generasi muda yang lebih akrab dengan perangkat mobile. Pertumbuhan ini juga didukung oleh kenyamanan yang disuguhkan teknologi tersebut," ujar Regional Director Indonesia dan Malaysia, Edwin Lim.

Adaptasi yang semakin tinggi turut diiringi dengan sejumlah tantangan bagi pelaku di ranah ini. Fortinet merangkum empat tantangan yang dinilai dapat berdampak pada perkembangan layanan pembayaran mobile tersebut.

Keempat tantangan tersebut adalah ketakutan pengguna terhadap penipuan, terhadap ketidaktahuan terkait proses, ketakutan dalam melakukan kesalahan selama proses transaksi, serta terhadap pencurian identitas dan kehilangan privasi.

Fortinet juga menyebut, sebanyak 23 persen pengguna layanan pembayaran mobile mengaku merasa aman saat menggunakan layanan tersebut. Hal ini dinilai belum dapat menjadikan layanan ini dapat disebut memiliki keamanan yang baik.

Untuk mengatasi dan mencegah insiden buruk dalam proses pembayaran mobile, Edwin menyarankan pengguna untuk tidak melakukan transaksi saat menggunakan WiFi publik, serta menggunakan layanan terenkripsi.

Selain itu, Edwin juga menyarankan untuk menerapkan sistem tokenisasi dan authentifikasi pada setiap layanan yg digunakan pengguna. Penggantian password secara berkala juga disebutnya penting untuk mencegah peretas membobol akun milik pengguna.

Masalah keamanan mobile payment menjadi sesuatu yang semakin penting karena di Indonesia, kini mulai banyak mobile payment yang tersedia, mulai dari mobile payment yang berdiri sendiri seperti Doku dan Dimo Pay.

Operator telekomunikasi juga ada yang menyediakan mobile payment seperti Telkomsel dengan T-Cash dan Indosat Ooredoo dengan Dompetku.


(MMI)

Video /