Pencipta Aplikasi Raup Rp229 triliun dari App Store Tiongkok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 04 Dec 2017 10:50 WIB
apple
Pencipta Aplikasi Raup Rp229 triliun dari App Store Tiongkok
CEO Apple Tim Cook. (Justin Sullivan / Getty Images)

Jakarta: CEO Apple Tim Cook berkata bahwa jumlah developer Tiongkok yang menggunakan platform Apple telah mencapai 1,8 juta orang, dan telah mendapatkan total CNY112 miliar (Rp229 triliun), berkontribusi sekitar seperempat dari total pendapatan App Store di dunia. 

Cook mengumumkan hal ini kemarin, dalam forum umum peraturan siber di Tiongkok yang diadakan oleh Badan Keamanan Siber Tiongkok (CAC). CAC adalah badan yang bertanggung jawab atas regulasi internet, termasuk penyensoran, lapor Reuters.

Sebelum ini, Apple berkata bahwa melalui App Store, para developer kurang lebih telah mendapatkan USD70 miliar (Rp947 triliun). 

Apple mendapatkan kritik dari pengguna lokal dan grup HAM karena tunduk pada regulator siber Tiongkok. Mereka menghapus ratusan aplikasi dari App Store di Tiongkok, termasuk aplikasi pengirim pesan dan penyedia layanan Virtual Private Network (VPN) yang membantu pengguna menghindari sensor pemerintah, yang juga sering disebut "Great Firewall". 

Apple menganggap Tiongkok sebagai pasar terbesar ketiga berdasarkan penjualan. Namun, belakangan, pangsa pasar Apple mulai menurun setelah pembuat smartphone lokal mulai mendapatkan momentum.

Perusahaan pembuat iPhone ini berharap mereka akan mendapatkan kembali momentum setelah meluncurkan iPhone 8 dan iPhone X yang tersedia di pasar pada November. Perusahaan asal Cupertino itu juga menyebutkan bahwa mereka telah memindahkan data cloud Tiongkok ke server milik rekan lokal di provinsi Guizhou. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.