Pencipta Aplikasi Raup Rp229 triliun dari App Store Tiongkok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 04 Dec 2017 10:50 WIB
apple
Pencipta Aplikasi Raup Rp229 triliun dari App Store Tiongkok
CEO Apple Tim Cook. (Justin Sullivan / Getty Images)

Jakarta: CEO Apple Tim Cook berkata bahwa jumlah developer Tiongkok yang menggunakan platform Apple telah mencapai 1,8 juta orang, dan telah mendapatkan total CNY112 miliar (Rp229 triliun), berkontribusi sekitar seperempat dari total pendapatan App Store di dunia. 

Cook mengumumkan hal ini kemarin, dalam forum umum peraturan siber di Tiongkok yang diadakan oleh Badan Keamanan Siber Tiongkok (CAC). CAC adalah badan yang bertanggung jawab atas regulasi internet, termasuk penyensoran, lapor Reuters.

Sebelum ini, Apple berkata bahwa melalui App Store, para developer kurang lebih telah mendapatkan USD70 miliar (Rp947 triliun). 

Apple mendapatkan kritik dari pengguna lokal dan grup HAM karena tunduk pada regulator siber Tiongkok. Mereka menghapus ratusan aplikasi dari App Store di Tiongkok, termasuk aplikasi pengirim pesan dan penyedia layanan Virtual Private Network (VPN) yang membantu pengguna menghindari sensor pemerintah, yang juga sering disebut "Great Firewall". 

Apple menganggap Tiongkok sebagai pasar terbesar ketiga berdasarkan penjualan. Namun, belakangan, pangsa pasar Apple mulai menurun setelah pembuat smartphone lokal mulai mendapatkan momentum.

Perusahaan pembuat iPhone ini berharap mereka akan mendapatkan kembali momentum setelah meluncurkan iPhone 8 dan iPhone X yang tersedia di pasar pada November. Perusahaan asal Cupertino itu juga menyebutkan bahwa mereka telah memindahkan data cloud Tiongkok ke server milik rekan lokal di provinsi Guizhou. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /