Mirip Shazam, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Jenis Katak dari Suaranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 10 Nov 2017 17:21 WIB
teknologiaplikasi
Mirip Shazam, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Jenis Katak dari Suaranya
Kermit the Frog, karakter The Muppets digambarkan sebagai katak yang gemar bernyanyi.

Metrotvnews.com: Apabila aplikasi Shazam dipergunakan untuk mendeteksi sebuah lagu dan menampikan informasi tentang lagu tersebut, aplikasi serupa ini justru bisa mengetahui jenis seekor katak dari suara yang terekam, FrogID.

Aplikasi menarik ini merupakan hasil pengembangan antara IBM dan badan Australian Museum. Aplikasi ini dikembangkan untuk mendukung setiap peneliti katak dan memberikan kontribusi terhadap pengamatan jenis fauna tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Mashable.



Mengapa katak? CEO sekalligus Direktur Australian Museum, Kim McKay menjelaskan bahwa katak merupakan fauna yang paling terkena dampak dari perbuahan iklim dan perubahan sebuah lingkungan. Keberadaan fauna tersbeut bisa menjadi indikator terhadap kondisi alam.

"Australia sendiri memiliki 240 spesies katak. Sebagian besar spesies tersebut sudah dalam kondisi terancam punah. Jadi kami ingin mengajak siapapun berkontribusi sebagai citizen scientist.



Cara kerja aplikasi FrogID pertama adalah dengan merekam suara katak tersebut, kemudian FrogID akan mencocokkan jenis suara tersebut dengan spesies katak yang tersimpan pada database mereka.

Lalu akan ditampilkan informasi lengkap mengenai katak tersebut dan statusnya yang bersifat edukasi.

Bagi pihak museum alam dan fauna Australia data dari FrogID bisa membantu mereka terus memperbarui data persebaran setiap spesies katak dan diolah kembali untuk penelitian alam lainnya. Untuk saat ini, aplikasi tersebut juga masih dirilis di iOS dan Android kawasan Australia saja.




(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /