Google Pasang Sistem Keamanan Khusus Bulan Depan?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 02 Oct 2017 16:04 WIB
googlecyber security
Google Pasang Sistem Keamanan Khusus Bulan Depan?
Ilustrasi kunci fisik dari Google. (Yubico)

Metrotvnews.com: Google tengah mempersiapkan program baru untuk meningkatkan keamanan akun pengguna, dengan tujuan memastikan pengguna lebih aman dari serangan siber, menurut dua orang orang yang tahu tentang rencana Google.

Bulan depan, Alphabet Inc., perusahaan induk Google, akan meluncurkan layanan baru yang disebut Advanced Protection Program. Inisiatif ini akan memberikan berbagai fitur baru ke akun pengguna Google, seperti email. Salah satu fitur itu adalah mencegah pihak ketiga mengakses data pengguna, lapor Bloomberg

Untuk mengamankan akun, pengguna akan mendapatkan kunci keamanan fisik, sehingga tidak lagi harus menggunakan autentikasi dua faktor untuk melindungi akun mereka. Google berencana untuk memasarkan fitur ini ke sekelompok orang, seperti eksekutif perusahaan, politikus dan orang-orang yang merasa perlu untuk memiliki keamanan siber ketat. 

Google merilis software untuk USB Security Key pada 2014, yang didesain untuk meningkatkan keamanan, sama seperti fitur autentikasi dua faktor. Dengan autentikasi dua faktor, pengguna tidak hanya harus untuk memasukkan password untuk masuk ke dalam akunnya, tapi juga kode yang dikirimkan ke ponsel melalui SMS. 

Security Key dari Google berbentuk USB yang ketika dicolokkan ke komputer akan memungkinkan pengguna untuk membuat sistem keamanan yang lebih tangguh untuk akun Gmail dan layanan Google lainnya. Pada program baru Google, pengguna juga akan memiliki kunci fisik untuk mengamankan akunnya. 

Program baru ini akan mencegah program dari pihak ketiga mengakses email atau data pengguna yang tersimpan di Google Drive, ujar salah satu narasumber yang minta namanya tak disebutkan. Program ini akan terus diperbarui demi memastikan data pengguna tetap aman. 


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /