Berkat Alat Ini, Dokter Bisa Deteksi Kanker di Lehernya Pakai iPhone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Oct 2017 10:50 WIB
teknologi
Berkat Alat Ini, Dokter Bisa Deteksi Kanker di Lehernya Pakai iPhone
Butterfly iQ adalah perangkat medis yang bisa terhubung ke iPhone.

Metrotvnews.com: Dokter bedah vaskular asal Amerika Serikat, John Martin, menemukan sel kanker di lehernya sendiri ketika menggunakan perangkat ultrasound portabel yang disebut Butterfly iQ. 

Butterfly iQ memiliki desain layaknya pisau cukur elektrik. Untuk menggunakan perangkat ini, Anda harus menghubungkannya ke iPhone. Setelah itu, arahkan Butterfly iQ ke bagian dari tubuh yang ingin Anda cek. Pada iPhone, akan muncul gambar ultrasound hitam dan putih.

Mengingat Butterfly iQ memiliki ukuran yang tidak besar, maka ia mudah untuk dibawa. Ukurannya yang kecil memungkinkannya untuk digunakan di ambulans atau di rumah.

Butterfly Network, perusahaan yang membuat perangkat ini berkata bahwa mereka ingin melengkapi software dari perangkat ini dengan kecerdasan buatan (AI) sehingga bahkan orang awam sekalipun bisa menggunakannya. 

Seperti yang disebutkan oleh SlashGear, kejadian yang dialami oleh Martin berhasil membuktikan kegunaan dari perangkat medis cerdas ini. Memang, Martin bukan seorang ahli kanker, tapi setelah dia melihat gambar ultrasound dari Butterfly iQ, dia cukup tahu bahwa seharusnya tidak ada gumpalan hitam di lehernya. 

Menurut MIT Technology Review, setelah mendeteksi kanker di lehernya, Martin menjalani perawatan radiasi dan juga operasi. Butterfly iQ akan mulai dipasarkan pada 2018 seharga USD1,999 atau sekitar Rp27 juta.


(MMI)