Ramai-Ramai Jajal Face ID di iPhone X, Ini Hasilnya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 08 Nov 2017 12:02 WIB
appleiphoneiphone x
Ramai-Ramai Jajal Face ID di iPhone X, Ini Hasilnya
Apple memperkenalkan fitur Face ID sebagai salah sau inovasi unggulan mereka pada perangkat iPhone terbaru.

Metrotvnews.com: Setelah sebelumnya menguji ketahanan bodi, kini banyak orang yang kini menjajal sistem keamanan Face ID di iPhone X.

Face ID menjadi salah satu bagian pengujian yang tidak dilewatkan oleh iPhone X. Fitur ini merupakan sistem keamananan yang menggunakan teknologi pemindai biometrik wajah. Jadi, pengguna iPhone cukup menghadapkan layar smartphone ke wajah mereka dengan secara otomatis kunci layar akan terbuka.

Meskipun terdengar canggih dan diklaim tingkat keamanannya sangat tinggi, banyak pihak yang menilai teknologi tersebut masih memiliki kelemahan. Maka tidak semakin banyak video pengujian Face ID.



Pertama, yang baru saja beredar adalah video milik vlogger di bidang kecantikan dan riasan wajah, James Charles. Dia melakukan pengujian dengan beberapa kali menambahkan riasan di wajahnya untuk melihat apakah Face ID masih mengenali wajahnya. 

Hasilnya cukup mengejutkan, karena ketika riasan wajah yang dia pergunakan sudah sangat di luar batas wajar dan berlebih, iPhone X masih mampu mengenali wajahnya. Justru ketika dia menggunakan foto di ponsel iPhone lain, fitur Face ID di iPhone X tidak mengenali wajahnya Charles di foto tersebut.

Video lainnya di YouTube dari akun bernama Jonathan Morrison menguji Face ID di iPhone X dengan cara menggunakan beragam aksesoris seperti topeng Captain America, kumis tiruan, rambut palsu, dan banyak lagi. Hasilnya bermacam-macam, ada yang berhasil dan tidak. 



Dalam pengujian menggunakan topeng ala Captain Amerika, iPhone X masih bisa mengenali wajah dari Morrison. Namun, Face ID sempat tidak bisa mengenalinya ketika dia menggunakan kumis palsu. Apple sendiri pernah menjelaskan Face ID mampu mengenali wajah penggunanya, meskipun pengguna mengalami perubahan di bagian wajah, seperti mengalami luka maupun tumbuh kumis dan janggut.



Video pengujian lainnya yang dilakukan Tech Insider terlihat jelas Face ID milik iPhone X tidak bisa gagal mengenali wajah penggunanya, yang awalnya memiliki janggut kemudian mencukur habis janggut tersebut.

Pada video pengujian lain yang dilakukan oleh Mashable pada pasangan kembar identik, Face ID terbukti tidak cukup aman karena mengira salah satu kembar tersebut sebagai pengguna sebenarnya.




(MMI)