HMD Global Bawa Nokia 2 ke Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 11 Jan 2018 17:57 WIB
nokia
HMD Global Bawa Nokia 2 ke Indonesia
Peluncuran Nokia 2 di Indonesia.

Jakarta: HMD Global siap meramaikan kembali pasar Indonesia dengan menghadirkan smartphone terbaru, Nokia 2. Perangkat ini menyasar konsumen kelas menengah bawah serta kaum milenial.

"Nokia 2 menjadi penawaran kami untuk konsumen Indonesia pada perangkat di segmen menengah ke bawah, dengan usungan keunggulan yang dimiliki Nokia," ujar HMD Global Country Manager Indonesia, Australia dan New Zealand, Mark Trundle.

Nokia 2 menjadi bentuk komitmen Nokia dalam terus hadir di pasar Indonesia. Sebab, Trundle menyebut Nokia, yang pernah menjadi pemimpin pasar ponsel Indonesia, tidak pernah benar-benar meninggalkan Indonesia.

Dipasarkan sebagai perangkat berharga terjangkau, Nokia 2 mengunggulkan desain kokoh khas Nokia, serta baterai yang diklaim mampu bertahan selama dua hari dengan kondisi pengguna normal.

Selain itu, HMD Global mengaku optimis produk ini akan mendapat sambutan baik dari konsumen. Sebab, tidak hanya berkat faktor harga dan baterai, Nokia 2 juga menggunakan OS Android murni tanpa menyematan banyak aplikasi bawaan.

Hal tersebut dinilai mampu mendukung suguhan performa yang baik pada perangkat, berkat dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 212. Nokia 2 menyematkan RAM 1GB dan memori internal 8GB. 

Untuk aspek visual, Nokia 2 menggunakan layar 5 inci panel TFT dan mengusung resolusi HD. Sesuai kelasnya, smartphone ini menggunakan punya kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Operasionalnya telah didukung baterai cukup besar, 4.100 mAh. Pihak HMD Global mengklaim Nokia 2 dapat bertahan selama dua hari penuh.

Nokia 2 akan dipatok Rp1.499.000, dan tersedia mulai 30 Januari. Ponsel ini telah dapat dipesan via JD.ID sebagai mitra eksklusif.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.