Belum Puas Dominasi Pasar Laptop, ASUS Buka Toko Premium

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 01 Feb 2018 13:01 WIB
asus
Belum Puas Dominasi Pasar Laptop, ASUS Buka Toko Premium
Notebook Business Development Manager, ASUS Indonesia, Jieming Lou.

Jakarta: Meskipun telah menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar di pasar laptop konsumen dan menjadi merek nomor satu dalam segmen gaming, ASUS masih belum puas. Perusahaan asal Taiwan itu baru saja membuka ASUS Premium Store pertamanya di Indonesia.

Toko yang menyediakan berbagai komputer ASUS mulai dari ZenBook sampai lini ROG ini terletak di Mall Taman Anggrek.

Dalam pembukaan toko, Notebook Business Development Manager, ASUS Indonesia, Jieming Lou menyebutkan, ASUS tidak boleh berpuas diri hanya karena telah mendominasi pasar laptop konsumen dan gaming di Indonesia. 

"Ketika merek kami menjadi nomor satu, kami tidak seharusnya puas hanya dengan jumlah unit yang terjual," kata wanita yang akrab dengan panggilan Jieming saat ditemui di Mall Taman Anggrek, Kamis (1/2/2018).

"Kami harus menyiapkan posisi, terutama untuk produk gaming."



Ke depan, Jieming bercerita, ASUS tertarik untuk membuka toko-toko lain di seluruh Indonesia. "Toko kedua mungkin masih akan kami buka di Jakarta, tapi kami juga akan membuka toko di kota-kota lain yang menarik," ujarnya. Alasan ASUS masih fokus pada Jakarta adalah karena ibukota memang masih memberikan kontribusi terbesar terkait penjualan. 

Saat ditanya soal penjualan online, Jieming mengaku bahwa penjualan online di Indonesia masih sangat kecil. Meskipun begitu, ASUS sudah mulai berdiskusi dengan rekan e-commerce terkait penjualan online

"Memang penjualan online masih tidak banyak, tapi penting bagi kami untuk memulai bisnis online," katanya. Dia merasa, walau penjualan online saat ini masih kecil, ke depan, penjualan online akan mengalami pertumbuhan. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.