Ilmuwan Akui Telah Kirim Pesan ke Planet Alien

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 16 Nov 2017 20:36 WIB
antariksasains
Ilmuwan Akui Telah Kirim Pesan ke Planet Alien
Apakah akan ada makhluk asing yang bakal membalasnya? (METI)

Metrotvnews.com: Sekelompok ilmuwan baru saja mengumumkan telah mengirimkan pesan komunikasi ke salah satu planet alien.

Melalui proyek bernama Sonal Calling, kelompok ilmuwan tersebut mengirimkan sinyal ke salah satu planet mirip dengan Bumi (exoplanet) bernama GJ273b.

Proyek ini juga berkolaborasi dengan METI International (Messaging Extraterrestrial Intelligence) dan The Institute of Space Studies of Catalonia (IEEC).

Pesan komunikasi tersebut dikirim secara bertahap pada tanggal 16,17, dan 18 Oktober lalu menggunakan fasilitas milik EISCAT (European Incoherent SCATter Scientific Association) di Norwegia.

Pesan tersebut ditujukan untuk planet GJ273b yang juga disebut sebagai "Super Earth" karena ukurannya mencapai 2,9 kali lebih besar dari Bumi.

Planet GJ273b berada di habitable zone pada sebuah sistem tata surya dengan bintang bernama Luyten's Star atau GJ 273.

Jarak sistem tata surya tersebut sendiri berada di 12,4 tahun cahaya. Dengan jarak tersebut, ilmuwan memperkirakan akan mendapatkan balasan paling cepat 25 tahun yang akan datang.

"Kami memilih Luyten's Star karena sistem tata suryanya memiliki jarak yang dekat dengan Bumi dan paling jelas terlihat dari bagian Bumi utara," ujar President METI, Douglas Vakoch, dikutip dari IFL Science.

Apakah akan ada alien yang menangkap pesan tersebut nantinya? Tentu saja kita baru akan tahu jawabannya paling cepat dalam 25 tahun yang akan datang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.